Tim Nasional | Detail

Soekarno Larang Timnas Indonesia Lawan Israel, Tiket Piala Dunia Melayang

Abdul Haris
Kamis, 23 Juni 2022, 16:40 WIB
Soekarno Larang Timnas Indonesia Lawan Israel, Tiket Piala Dunia Melayang
Presiden Ir Soekarno (Foto: Wikipedia)

JAKARTA – Presiden Soekarno pernah melarang Timnas Indonesia melawan Israel pada kualifikasi Piala Dunia 1958. Sikap tegas tersebut membuat Tim Garuda harus merelakan tiket ke turnamen sepak bola paling elite di kolong langit tersebut. 

Ya, isu Israel dengan Indonesia kembali menghangat. Hal ini lantaran Timnas Israel selangkah lagi mendapatkan tiket Piala Dunia U-20 2023 yang kebetulan dihelat di Indonesia. 

Pertanyaannya, apakah Negeri Zionis tersebut bisa tampil di Indonesia? Pasalnya, Indonesia tak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Selain itu, isu soal Israel selalu sensitif di Tanah Air. 

Dalam sejarah, ada momen di mana Timnas Indonesia menolak bertanding dengan Israel. Salah satu momen tersebut terjadi di era Presiden Soekarno. 

Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 1958. (Foto: Dok Historia)
Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 1958. (Foto: Dok Historia)

Kala itu, Timnas Indonesia melaju ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 1958 zona Asia-Afrika. Tim Garuda yang dilatih Antun Pogacnik lolos setelah menyingkirkan China pada Grup 1 zona Asia. 

Di putaran kedua, Timnas Indonesia satu grup dengan Israel, Sudan, dan Mesir. Laga dijadwalkan berlangsung akhir Juli 1957. Selangkah lagi Ramang dkk melenggang ke Piala Dunia 1958 di Swedia.

Namun, Timnas Indonesia menolak bertanding dan memilih untuk merelakan tiket ke Piala Dunia 1958 melayang ketimbang satu lapangan dengan penjajah. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1423 seconds [12]