Sportainment | Detail

Soal Bendera LGBT, Kepala Keamanan Piala Dunia 2022 Beri Peringatan Tegas

Wikanto Arungbudoyo
Senin, 09 Mei 2022, 18:20 WIB
Soal Bendera LGBT, Kepala Keamanan Piala Dunia 2022 Beri Peringatan Tegas
Penggemar yang hadir di Piala Dunia Qatar 2022 diimbau tidak mengibarkan bendera pelangi (Foto: BBC)

DOHA – Kepala Keamanan Piala Dunia 2022 Qatar, Abdullah Al Ansari, memberi peringatan tegas untuk mereka yang hendak menggelar kampanye LGBTQ lewat bendera pelangi. Dia mengatakan tidak segan-segan menyita bendera pelangi tersebut dari tangan penggemar. 

Isu hak asasi manusia (HAM) memang menjadi sorotan utama jelang Piala Dunia 2022 di Qatar, November hingga Desember mendatang. Selain kabar pembangunan stadion memakan korban jiwa dari kalangan pekerja migran, isu ketidaksetaraan gender juga mengemuka. 

Mengingat sorotan mata bakal tertuju ke ajang Piala Dunia 2022, mungkin saja aktivis-aktivis kemanusiaan akan memanfaatkannya untuk kampanye. Al Ansari jauh-jauh hari mengingatkan kampanye soal LGBTQ akan mendapat tindakan tegas. 

Sang kepala keamanan dengan tegas mengatakan akan menyita bendera pelangi dari tangan penggemar jika nekat membawanya ke dalam stadion. Hal tersebut dilakukan demi keselamatan sang penggemar sendiri. 

“Jika seorang penggemar mengibarkan bendera pelangi dan saya menyitanya, itu bukan berarti saya hendak menghina dia. Namun, itu untuk melindungi si penggemar tersebut,” kata Al Ansari, dilansir dari ESPN, Senin (9/5/2022). 

“Karena, jika bukan saya yang menyitanya, orang-orang lain di sekitarnya mungkin akan menyerang di penggemar. Saya tidak bisa menjamin perilaku semua penonton yang hadir,” lanjutnya. 

“Saya pasti akan mengatakan kepada si penggemar, ‘Tidak ada kepentingannya untuk mengibarkan bendera pelangi pada titik ini,’” tegas Al Ansari. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1351 seconds [13]