F1 | Detail

Sistem Hybrid Jadi Rahasia Kinerja Mesin Ferrari di Istanbul

Tim Sportstars
Jum'at, 15 Oktober 2021, 15:11 WIB
Sistem Hybrid Jadi Rahasia Kinerja Mesin Ferrari di Istanbul
Pembalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc, tampil konsisten pada dua latihan bebas F1 GP Turki 2021 (Foto: Reuters/Murad Sezer)

ISTANBUL - Kepala Tim Ferrari, Mattia Binotto memuji sistem hybrid baru yang meningkatkan kinerja mobil Ferrari di F1 GP Turki. Dia menyebut pembaharuan itulah yang mendongkrak penampilan kedua pembalapnya di Istanbul.

Pasalnya, mobil Charles Leclerc dan Carlos Sainz yang dilengkapi sistem hybrid baru berhasil finish di urutan ke-4 dan ke-8 pada GP Turki 2021 pekan kemarin. Leclerc sendiri sudah menggunakan sistem hybrid baru ketika balapan di Sochi pada 26 September 2021 lalu. 

Sementara itu bagi Sainz, GP Turki 2021 merupakan debut barunya menggunakan mesin baru tersebut. Pembalap Monako itu menunjukkan kinerja yang hebat, termasuk mengklaim posisi ke-3 pada kualifikasi menyusul penalti yang diberikan kepada Lewis Hamilton. 

Menurut Binotto, jika bukan karena pembaharuan di mesin Ferrari, Leclerc kemungkinan akan menyelesaikan kualifikasi di bawah posisi tersebut. 

“Tentu saja itu memberi kami keuntungan. Jika melihat dari kualifikasi Charles, itu adalah waktu lap tercepat keempatnya. Saya cukup yakin bahwa posisi tersebut tak akan tercapai tanpa spesifikasi itu.” jelas Binotto. 

Binotto juga menambahkan bahwa, power unit yang akan dipatenkan mulai dari 2022 hingga 2025 tersebut ingin dicoba pada tahun ini sebelum diperkenalkan tahun depan. Ferrari berani mengambil resiko guna meningkatkan pengalaman timnya mengatasi sistem hybrid tersebut di musim mendatang. 

“Itulah mengapa kami memperkenalkannya sesegera mungkin, mencoba untuk terburu-buru dan mengambil beberapa risiko pula." ungkap Binotto.

"Jelas kami perlu mendapatkan jarak tempuh di jalur dan meningkatkan pengalaman kami sebelum 2022 ketika power unit tersebut akan dipatenkan. Bagi kami, itulah kunci dan alasan guna melakukan perubahan.” tutup pria 51 tahun itu.

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2248 seconds [12]