Liga Inggris | Detail

Sisi Lain Bos Baru Newcastle, dari Kekayaan hingga Kasus Pembunuhan

Tino Satrio
Sabtu, 09 Oktober 2021, 15:05 WIB
Sisi Lain Bos Baru Newcastle, dari Kekayaan hingga Kasus Pembunuhan
Pangeran Arab Saudi, Mohammed Bin Salman. (Foto: .alarabiya)

NEWCASTLE - Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS), yang kini jadi bos baru Newcastle United punya sisi lain yang kompleks, mulai dari kekayaannya yang berlimpah, hingga kasus pembunuhan yang menyeret namanya. 

MBS resmi mengakuisisi Newcastle United pada Kamis (7/10/2021). Sebagai saudagar Arab, tentu saja kekayaannya tak usah dipertanyakan lagi. Lewat Public Investment Fund (PIF), perusahaan pengelola keuangan publik milik pemerintah Arab Saudi, dia membeli 80 persen kepemilikan The Magpies senilai 300 juta poundsterling (Rp5.6 triliun).

Dengan begitu, klub peraih empat gelar Liga Inggris tersebut dapat menjadi bahaya besar bagi kompetitor lainnya di Tanah Inggris. Pasalnya, Manchester City juga berjaya setelah beralih kepemilikan dengan status jajaran orang terkaya.

Sebelum melihat Newcastle berlaga di tangan MBS, ada beberapa fakta menarik seputar sang putra mahkota Arab Saudi yang layak diketahui. Berikut ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Kekayaannya ditaksir melebihi Jeff Bezos

Pada 2020, kekayaan bersih keluarga MBS diyakini sebagai yang terkaya di dunia. Bahkan, keluarganya diperkirakan memiliki kekayaan lebih banyak dari CEO Amazon, Jeff Bezos.

Saat ini, Bezos menempati posisi pertama sebagai orang terkaya di dunia, dengan nilai 200,3 miliar dolar Amerika Serikat (Rp2.800 triliun). Sementara MBS mengantongi kekayaan 320 miliar poundsterling (Rp6.211 triliun).

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 1.2308 seconds [13]