Balap Lainnya | Detail

Sirkuit JIEC Bakal Sajikan Balapan yang Lebih Kompetitif di Formula E

Andhika Khoirul Huda
Rabu, 11 Mei 2022, 10:45 WIB
Sirkuit JIEC Bakal Sajikan Balapan yang Lebih Kompetitif di Formula E
Sirkuit JIEC Ancol (Foto: Instagram Sirkuit Jakarta)

JAKARTA – Beda dengan Sirkuit Formula E lainnya, Sirkuit Jakarta E-Prix International Circuit (JIEC) bakal menyajikan balapan yang lebih kompetitif. Hal tersebut diklaim oleh Organizing Committee (OC) Jakarta EPrix 2022.

Vice President Infrastructure & General Affairs OC Jakarta EPrix 2022 Irawan Sucahyono, mengatakan bahwa Sirkuit Ancol memiliki desain yang berbeda dengan trek Formula E lainnya. Menurutnya, lintasan balap yang berlokasi di Ancol, Jakarta Utara itu punya desain yang bisa memaksimalkan Attack Mode dari mobil para pembalap.

“Ada yang namanya Attack Mode, dimana tenaga mobil balap akan diperbesar secara elektronik. Kalau pembalap masuk ke Attack Mode, dia akan dapat tenaga tambahan sehingga akan terjadi overtaking. Tapi overtake tak bisa terjadi jika mobil di depan pembalap ada di racing line yang benar,” jelas Irawan dikutip dari rilis Jakpro, Rabu (11/5/2022).

Presiden Jokowi dan Gubernur Anies Baswedan saat meninjauh Sirkuit Formula E di Ancol (Foto: Raka/MPI)

Irawan berpendapat hal tersebut bakal membuat balapan Formula E di Jakarta nanti akan lebih menarik untuk disaksikan. Sebab, para pembalap akan lebih sering melakukan aksi salip-menyalip dengan desain trek yang mendukung pemaksimalan Attack Mode.

“Balapan ini untuk tontonan. Bagaimana agar tontonan ini menarik? Harus ada banyak ovetake, harus ada banyak kompetisi di antara pembalap,” jelas Irawan.

“Karena bentuk sirkuit di Ancol memungkinkan adanya overtaking, maka event ini akan menarik sekali. Mungkin akan menjadi awal dari bentuk sirkuit Formula E yang lain,” ia menambahkan.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1424 seconds [13]