logo
Balap Lainnya | Detail

Sirkuit Internasional Ancol Mirip Kuda Lumping, Ini Alasannya

Fitradian Dhimas Kurniawan
Rabu, 22 Desember 2021, 11:58 WIB
Sirkuit Internasional Ancol Mirip Kuda Lumping, Ini Alasannya
Profil Sirkuit Internasional Ancol (Foto: JakPro)

JAKARTA - Layout Sirkuit Internasional Ancol yang akan jadi tuan rumah Jakarta E-Prix 2022 terlihat mirip kuda lumping. Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (JakPro), Widi Amanasto, menyebut ada filosofi tersendiri di balik itu. 

“Kalau melihat sirkuitnya, rupanya seperti kuda lumping. Filosofi kuda lumping ini karena warisan nasional,” kata Widi saat konferensi pers di Ancol, Rabu (22/12/2022).

Sirkuit Internasional Ancol ini sendiri memiliki total panjang 2,4 km, dengan lintasan lurus paling panjang berjarak 600 meter. Terdapat 18 tikungan dengan lebar sirkuit mencapai 12 meter. 

Kepastian digelarnya Formula E Jakarta 2022 di Sirkuit Internasional Ancol menjadi angin segar. Sebab, rencana awal untuk menggelar balapan Formula E 2022 di kawasan Silang Monumen Nasional (Monas) mendapat kritik tajam. 

Ketua Pelaksana Formula E Jakarta, Sahroni (tengah), berbicara dalam konferensi pers (Foto: MNC Portal Indonesia/Fitradian Dhimas)
Konferensi Pers Penyelenggaraan Formula E 2022 di Jakarta (Foto: MNC Portal Indonesia/Fitradian Dhimas)

Sejumlah lokasi sempat dijadikan opsi untuk menggelar balapan Jakarta E-Prix. Dua di antaranya adalah kawasan Senayan (Jakarta Selatan) dan Jakarta Utara. Sampai akhirnya, Ancol yang dipilih. 

Rencananya, Jakarta E-Prix 2022 akan dihelat pada 4 Juni mendatang. Balapan ini nantinya menjadi seri kedelapan Formula E 2022 (FE 2022). 

Jakarta sendiri seharusnya sudah menjadi tuan rumah balapan Formula E sejak 2020. Namun, pandemi Covid-19 menunda rencana tersebut hingga dua tahun lamanya. 

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1774 seconds [13]