logo
Basket | Detail

Simak Dribble Tinggi dan Rendah Dalam Bola Basket: Pengertian dan Caranya

Okta Novanto
Jum'at, 26 Agustus 2022, 18:38 WIB
Simak Dribble Tinggi dan Rendah Dalam Bola Basket: Pengertian dan Caranya
Dribble dalam bermain basket terdiri atas dribble tinggi dan rendah (Reuters).

JAKARTA - Dribble tinggi dan rendah dalam bola basket kerap menjadi pertanyaan publik karena memiliki visi dan cara yang berbeda. Pada olahraga ini ada banyak teknik dasar yang wajib dikuasai salah satunya dribble.

Permainan bola basket mempertandingkan dua tim di dalam lapangan yang berukuran 28 x 15 meter. Sementara dribble dalam bola basket dilakukan dengan memantul-mantulkan bola ke lantai dengan tangan yang bertujuan untuk menggiring bola baik dengan berjalan ataupun berlari.

Dalam buku ajar berjudul “Bola Basket” yang diterbitkan pada 2019 karya Dr.Saichuddin, M.Kes dan Sayyid Agil Rifqi Munawar, SOr. Menjelaskan bahwa dribble dilakukan dengan tujuan untuk melindungi bola agar tidak direbut lawan.

Maka dari itu ketika pemain melakukan dribble maka harus memposisikan bola di antara tubuh dan posisi lawan, ketika lawan hendak merebut bola pemain langsung menutup aksesnya dengan tubuh.

Untuk dapat melakukan dribble, pemain harus mempelajari tekniknya. selain itu juga butuh konsentrasi agar bola dapat kembali ke telapak tangan dengan tepat.

Dalam permainan bola basket terdapat 3 macam dribble yaitu dribble tinggi, dribble rendah, dan spin dribble. Tetapi spin dribble dilakukan dengan kombinasi shooting atau lay-up.

Bagaimana pengertian dan cara melakukan dribble tinggi dan rendah dalam bola basket? Berikut informasinya telah sportstars rangkum dari berbagai sumber;

Final NBA

Dribble Tinggi dan Rendah dalam Bola Basket: Pengertian dan Caranya

Dribble Tinggi

Dribble tinggi yaitu upaya menggiring bola dengan pantulan bola yang tinggi mencapai sedikit di atas pinggang. Jenis dribble ini biasanya dilakukan untuk mengatur ritme dan tidak dalam tekanan.

Pada kondisi ini juga biasanya masing-masing pemain mengambil nafas sebagai cooling down setelah tensi permainan tinggi.

Cara melakukan dribble tinggi:

  • Posisi kedua kaki membuka selebar bahu dan sejajar.
  • Posisi dribble dilakukan pada sebelah kanan jika menggunakan tangan kanan dan sebaliknya.
  • Pandangan mata ke depan sebagai scanning lapangan.
  • Pantulkan bola setinggi antara pinggang dengan bahu.
  • Gerakan dasar ini bisa dilakukan dengan berdiam, berjalan, atau berlari.

Dribble Rendah

Dribble rendah dilakukan dengan cepat sebagai upaya untuk memasuki daerah pertahanan lawan. Gerakan ini juga dilakukan agar lawan kesulitan untuk merebut bola dari pemain.

Jenis dribble ini dilakukan dengan memantulkan bola dengan jarak telapak tangan yang dekat dengan lantai.

Cara melakukan dribble rendah:

  • Berdiri dengan membuka kaki selebar bahu, kemudian posisikan satu kaki di depan.
  • Jika tangan kanan yang mendribble bola, maka kaki yang di depan adalah sebelah kiri.
  • Posisi lutut agak dibengkokan ke depan sebagai bentuk siaga, dan badan dicondongkan ke depan untuk mempermudah akselerasi.
  • Gunakan jari-jari untuk memantulkan bola.
  • Pantulkan bola dengan ketinggian lutut atau bawah paha

Demikian informasi mengenai dribble tinggi dan rendah dalam bola basket, semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca setia sportstars.


 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1645 seconds [13]