logo
Ragam Lainnya | Detail

Simak! Alasan Mengapa Saat Berolahraga Tubuh Menjadi Panas

Intan Rachmasari
Rabu, 11 Januari 2023, 22:37 WIB
Simak! Alasan Mengapa Saat Berolahraga Tubuh Menjadi Panas
Tubuh akan mengalami beberapa perubahan saat berolahraga (Foto: post.greatist.com)

JAKARTA - Alasan mengapa saat berolahraga tubuh menjadi panas kerap menjadi pembahasan yang cukup menarik. Pasalnya suhu tubuh akan mengalami perubahan saat sedang berolahraga. 

Pada saat berolahraga tubuh akan banyak bergerak dan hal ini memicu perubahan suhu tubuh yang ditandai dengan meningkatnya tempo denyut nadi. Selain itu tubuh akan mengeluarkan keringat dengan jumlah yang cukup banyak. 

Lantas apa yang menyebabkan hal ini terjadi? Apa alasan mengapa saat berolahraga tubuh menjadi panas? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Sportstars.id akan mengulas informasinya; 

 Jaga Imunitas Tubuh, Warga Antusias Berolahraga di GBK

Alasan Mengapa Saat Berolahraga Tubuh Menjadi Panas

Tubuh yang terasa panas saat setelah berolahraga sejatinya adalah hal yang wajar. Contoh saja saat kita merasa kegerahan sesaat setelah berlari 3 kali keliling lapangan, diiringi dengan keringat yang megucur deras pada tubuh. 

Meskipun fenomena ini adalah hal yang wajar, namun seseorang perlu mengetahui alasan mengapa saat berolahraga tubuh menjadi panas. Nyatanya tubuh selalu memberikan reaksi terhadap sesuatu kegiatan yang dilakukan. 

Berolahraga merupakan salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan suhu tubuh. Seperti melakukan aktivitas cardio beberapa menit saja suhu tubuh akan meningkat. Hal ini terjadi lantaran saat berolahraga gerakan otot akan memakan energi yang sebelumnya sudah tersimpan. 

Dilansir dari laman livestrong.com Brian Schulz, Spesialis Kedokteran Olahraga dan ahli bedah ortopedi di Institut Cedars-Sinai-Kerlan-Jobe di Los Angeles, California mengatakan biasanya otot menyimpan sedikit energi di dalamnya.

Apabila energi sudah digunakan maka otot harus menciptakan energi tambahan untuk aktivitas selanjutnya. Saat seseorang menggunakan otot selama berolahraga, sebanyak 80% dari total energi diubah menjadi panas tubuh.

Sementara itu 20% sisanya digunakan untuk kontraksi otot. Sehingga tubuh akan terasa panas saat berolahraga. 

Dilansir dari laman livestrong.com dokter Ava Williams dari Philadelphia mengatakan jika energi panas yang dihasilkan akan didistribusikan ke seluruh tubuh, hal ini yang menjadi penyebab mengapa tubuh terasa panas saat berolahraga. 

Seberapa tinggi suhu tubuh seseorang saat berolahraga tergantung beberapa faktor. Seperti jenis kegiatannya, iklim, suhu ruang dan suhu tubuh awalnya sebelum berolahraga. 

Demikian informasi mengenai alasan mengapa saat berolahraga tubuh menjadi panas. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id. 


 

Editor : Hafid Fuad

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1750 seconds [12]