logo
Liga Indonesia | Detail

Sikapi Rencana KLB, Ketum The Jakmania: Klub Harus Tegas Benahi Sistem PSSI

Cikal Bintang Raissatria
Minggu, 13 November 2022, 22:02 WIB
Sikapi Rencana KLB, Ketum The Jakmania: Klub Harus Tegas Benahi Sistem PSSI
PSSI sudah mendapatkan persetujuan dari Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) untuk menggelar KLB (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Ketua Umum The Jakmania -suporter Persija Jakarta, Diky Soemarno mengimbau klub selaku voters harus mempunyai sikap tegas untuk memperbaiki sistem di PSSI. Menurutnya, Kongres Luar Biasa (KLB) yang akan digelar PSSI bisa jadi momentum tepat.

Diketahui, PSSI sudah mendapatkan persetujuan dari Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) untuk menggelar KLB. Namun sebelum itu, PSSI akan terlebih dahulu menggelar Kongres Biasa (KB) untuk memilih Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP).

FIFA menginginkan KB digelar pada 14 Januari 2023, sementara KLB digelar satu bulan kemudian, yakni pada 16 Februari 2023. Rangkaian agenda besar ini nantinya akan menentukan siapa anggota Komite Eksekutif, Wakil Ketua Umum, hingga Ketua Umum PSSI yang baru.

Akan tetapi, Diky mengatakan, pembenahan sistem menyeluruh harus dilakukan sebelum mencari pengurus baru. Diky menjelaskan, perwakilan suporter hanya bisa mendorong klubnya masing-masing untuk mempunyai sikap tegas terhadap perbaikan sistem di PSSI.

“Sudah saya bilang, bukan soal ketua umumnya, tapi keseluruhannya. Kalau ketua umumnya sudah benar, tapi yang di bawahnya tidak bisa bekerja ya percuma,” kata Diky dalam acara Rilis Survei Nasional ‘Sikap Publik Terhadap Tragedi Kanjuruhan dan Reformasi PSSI’ oleh INDIKATOR Politik Indonesia yang digelar secara virtual, Minggu (13/11/2022).

“Jadi ya, yang bisa kita (suporter) lakukan untuk mendorong klub (agar mencari pengurus kompeten) adalah bagaimana caranya klub mempunyai sikap tegas untuk memperbaiki sistemnya,” lanjutnya tegas.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1801 seconds [12]