logo
Ragam Lainnya | Detail

Sigap BRI, Edukasi Efektif Tangkal Kejahatan Siber

Maruf
Rabu, 18 Januari 2023, 17:30 WIB
Sigap BRI, Edukasi Efektif Tangkal Kejahatan Siber 
Pelaku kejahatan siber mengintai setiap celah keamanan siber (cyber security) perbankan dan jasa keuangan. (Foto: Dok/Sindonews)

PERKEMBANGAN teknologi yang masif menjadi perhatian serius manajemen PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Dunia digital sudah merasuki berbagai sisi kehidupan, termasuk perbankan.

Hadirnya teknologi sejatinya memberikan manfaat besar bagi prilaku masyarakat. Dahulu, nasabah mengunjungi perwakilan cabang untuk transaksi berbagai keuangan. Kini, nasabah dengan situasi sangat santai di mana pun bisa melakukan transaksi perbankan.

Kendati dimanjakan teknologi, teror melalui ancaman siber terus berevolusi. Risikonya bisa dialami industri perbankan dan jasa keuangan, termasuk para nasabah.

Pelaku kejahatan siber mengintai setiap celah keamanan siber (cyber security) perbankan dan jasa keuangan. Hacker, sebutan penjahat siber terus melakukan jelajah sekecil apapun kelemahan dari sistem teknologi yang ada.

Berbagai jurnal menyebutkan ancaman siber terus berkembang dan salah satunya mengintai perbankan dan nasabahnya. Tindakan tata kelola dan manajemen risiko dunia maya menjadi sangat krusial. 

Perlu adanya identifikasi dan melindungi aset informasi, waspada ancaman, sigap merespons, dan menyempurnakan keamanan. Tetinggal sedikit dalam keamanan, maka hacker langsung menjalankan aksinya.

Realita ini dianggap satu ancaman serius bagi dunia perbankan. BRI, sebagai industri perbankan besar di Indonesia sigap dalam menjaga keamanan teknologi yang dimilikinya. BRI terus memperketat keamanan siber. Dalam dunia teknologi disebut high security atau maximum security.

Implementasinya dengan menerapkan lima pilar keamanan yakni identify, detect, protect, response, dan recover. Strategi tersebut sesuai dengan peraturan dan kerangka kerja dari Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain penerapan keamanan super ketat, memberikan solusi kepada konsumen atau nasabah meripakan upaya jitu. Menumbuhkan kesadaran konsumen agar tidak mudah memberikan atau menyebarkan data yang sangat sensitif di dunia maya.

Keadasaran tinggi masyarakat yang digaung-gaungkan semakin meningkatkan keamanan nasabah itu sendiri. Sehingga aktivitas perbankan yang dilakukan nasabah melalui digital bisa aman dan nyaman.

Upaya konkret BRI adalah mengedukasi pencegahan social engineering. Platform saluran edukasi yang bisa mudah dipahai nasabah adalah konten hiburan web series. Konten edukasi tersebur berjudul “Modus Operandi”, tayang mulai 4 November 2022 melalui Youtube Channel BRI.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2201 seconds [12]