Tim Nasional | Detail

Shin Tae-yong Wajib Waspada, Kekuatan Baru Kamboja Bikin Pelatih Malaysia Ketar-ketir

Quadiliba Al-Farabi
Sabtu, 27 November 2021, 16:02 WIB
Shin Tae-yong Wajib Waspada, Kekuatan Baru Kamboja Bikin Pelatih Malaysia Ketar-ketir
Timnas Jepang U-23 mencukur Timnas Kamboja U-23 dengan skor telak 4-0 pada kualifikasi Piala AFC U-23 2022 (Foto: AFC)

SINGAPURA - Tim Nasional (Timnas) Indonesia agaknya harus lebih waspada jelang menghadapi Piala AFF 2020 yang akan dimulai 5 Desember 2021 mendatang. Pasalnya lawan berat bukan cuma datang dari Malaysia dan Vietnam, tapi Kamboja juga tak boleh dilupakan. 

Ya, Kamboja bakal jadi lawan pertama Indonesia di fase grup B. Babak penyisihan grup B akan dimainkan di Bishan Stadium, Singapura pada 9 Desember 2021 mendatang. Tampaknya Indonesia bakal menghadapi kekuatan baru dari tim ini yang beda dari biasanya.

Bahkan kekuatan baru Timnas Kamboja pun sampai bikin pelatih Malaysia Tan Cheng Hoe ketar-ketir. Tim Negeri Jiran akan menghadapi Kamboja terlebih dahulu pada 6 Desember 2021.

Ya kekuatan itu tak lain adalah dengan kehadiran pelatih baru asal Jepang Ryu Hirose. Pelatih Malaysia pun merasa pemain-pemain Kamboja yang terpilih saat ini merupakan tim terbaik sepanjang sejarah AFF.

Sebagaimana diketahui, pelatih Ryu Hirose telah memanggil 30 nama untuk mengisi skuadnya. Mayoritas pemain yang dipanggil merupakan pemain yang tampil dalam laga play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 dan Kualifikasi Piala Asia Asia U-23 2022 baru-baru ini.

Ditambah lagi Ryu saat ini dibantu sengan manajer tim yang malang melintang di dunia sepak bola, Keisuke Honda. Pengalaman Honda yang tampil di tiga Piala Dunia (2010, 2014 dan 2018), telah membantu Kamboja membuat terobosan dalam permainan.

"Kamboja bermain bagus di bawah pelatih Ryu Hirose dengan bimbingan manajer tim Keisuke Honda. Mereka berkembang pesat sebagai sebuah tim, jadi itu tidak akan mudah bagi kami," kata Tan Cheng Hoe dikutip Media Malaysia, The Straits Times, Sabtu (27/11/2021).

“Saya tidak ingin pemain kami terlalu percaya diri di laga pembuka Piala AFF. Mereka harus fokus bermain sesuai instruksi. Mereka memiliki beberapa pemain top yang bermain di luar negeri. Chan Vathanaka, yang pernah bermain di M-League (Liga Malaysia) masih dalam permainan, dan dia bagus,” ujar Tan Cheng Hoe.

“Kami harus berhati-hati melawan Kamboja. Mereka pekerja keras dan banyak berlari selama pertandingan, dan mereka tidak mudah menyerah,” Cheng Hoe memungkasi.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1123 seconds [13]