Tim Nasional | Detail

Shin Tae-yong Ungkap Alasan Utama Tak Bawa Ilija Spasojevic ke Piala AFF 2020

Furqon Al Fauzi
Sabtu, 04 Desember 2021, 16:00 WIB
Shin Tae-yong Ungkap Alasan Utama Tak Bawa Ilija Spasojevic ke Piala AFF 2020
Press Confference AFF 2020 (Foto:FAM Malaysia)

SINGAPURA - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menjalani sesi konferensi pers jelang tampil di Piala AFF 2020, Sabtu (4/12/2021). Pada kesempatan tersebut, Shin Tae-yong membeberkan alasan utamanya tak memanggil striker naturalisasi Ilija Spasojevic.

Timnas Indonesia sudah merilis 30 pemain yang didaftarkan untuk Piala AFF 2020. Dari daftar tersebut tetap tidak ada nama topskor sementara Liga 1 2021-2022 Ilija Spasojevic.  

Striker naturalisasi Montenegro tersebut tetap dipinggirkan oleh pelatih asal Korea Selatan tersebut meskipun tengah on-fire di kompetisi domestik. Pelatih asal Korsel tersebut Spasojevic tak sesuai dengan karakter permainan timnya.

"Untuk spaso memang banyak cetak gol juga di Liga Indonesia. Tetapi saat memulai training camp, kelihatannya dia sangat capek jika melakukan permainan apa yang saya inginan. Memang finishing sangat baik, tetapi untuk turnamen kali ini dia tidak bisa ikut," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers.

Karakter permainan Spaso dianggap tidak cocok dengan taktik Shin Tae-yong. Shin Tae-yong justru tetap mempertahankan empat striker yang dipanggilnya saat mengikuti pemusatan latihan (TC) dan uji coba internasional di Turki beberapa waktu lalu. 

Keempat striker tersebut adalah Kushedya Hari Yudo, Dedik Setiawan, Hanis Saghara, dan Ezra Walian.  Dari empat striker tersebut sejatinya hanya Ezra Walian yang bisa dibilang tampil impresif. Striker Persib Bandung tersebut mencetak dua gol pada dua uji coba melawan Myanmar dan klub lokal Antalyaspor di Turki.

Sementara tiga striker lainnya gagal mencetak skor. Bahkan pemanggilan empat striker untuk Piala AFF 2020 tersebut tak luput dari pertanyaan dan kritikan netizen. Tak sedikit yang mempertanyakan keputusan Shin Tae-yong meninggalkan Spaso dan mempertahankan empat striker tersebut.   

Pasalnya berkaca dari statistik empat striker tersebut di Liga 1 tentu jauh dari torehan Spasojevic. Bahkan sekalipun jumlah gol keempatnya digabung, tetap masih kalah dari pencapaian Spasojevic. Jumlah gol keempat striker tersebut di Liga 1 hanya lima, sementara Spasojevic sudah mengepak 12 gol. 

Mantan pelatih timnas Korsel di Piala Dunia 2018 tersebut, tentu punya pertimbangan lain tentang pemain-pemain yang dibawanya untuk Piala AFF 2020. Shin Tae-yong bahkan beberapa waktu lalu sempat mengutarakan alasannya tidak memanggil Spaso dalam skuad timnas Indonesia. 


 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1198 seconds [12]