Tim Nasional | Detail

Shin Tae-yong: Timnas Indonesia Tak Lagi Takut Kekuatan Tim Timur Tengah

Basudiwa Supraja
Rabu, 22 Juni 2022, 07:50 WIB
Shin Tae-yong: Timnas Indonesia Tak Lagi Takut Kekuatan Tim Timur Tengah
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong (MPI/Maulana Yusuf)

JAKARTA - Momen kemenangan comeback Timnas Indonesia atas Kuwait pada Kualifikasi Piala Asia 2023 ternyata masih meninggalkan kenangan manis. Pasalnya rekor itu mampu membangun mental para penggawa Garuda kedepannya jika berhadapan dengan tim asal Timur Tengah.

Menurut Shin Tae-yong, Timnas Indonesia dulu selalu menghindari lawan dari negara Timur Tengah. Namun kini dia yakin Skuad Garuda bisa terbang lebih tinggi.

Melihat penampilan para anak didiknya kala itu, Shin Tae-yong bangga dan menilai dedikasi yang diberikan para pemain sangat baik. Pelatih asal Korea Selatan itu pun mengakui mental Skuad Garuda kian meningkat.

Indonesia vs Kuwait
Indonesia vs Kuwait di Kualifikasi Piala Asia U-23

Hal itu terbukti dari hasil kemenangan comeback 2-1 atas Kuwait yang digelar di tempat lawan. Mental itu yang kemudian menjadi modal penting bagi para penggawa Garuda kedepannya.

“Dulu, pemain Indonesia berpikir, 'Kami sebaiknya tidak bertemu tim Timur Tengah', tetapi kami bisa menang dengan bertarung dengan baik tanpa mental menyusut di rumah lawan," ujar Shin Tae-yong, dikutip dari Newsis, Rabu (22/6/2022).

Keberhasilan Timnas Indonesia tersebut menghapus kutukan 42 tahun lalu dengan Kuwait. Skuad Garuda kembali menang atas Al Azraq-julukan Kuwait- setelah penantian panjang.

Kemenangan atas tim Timur Tengah yang didapat Timnas Indonesia sempat terjadi kala berhadapan dengan Palestina pada Agustus 2011 lalu. Kala itu Tim Merah Putih unggul 4-1.

Adapun kekalahan terbesar Timnas Indonesia dalam 11 tahun terakhir terjadi kala berhadapan dengan Bahrain. Skuad Garuda tumbang 0-10 dari The Reds-julukan Bahrain.

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1361 seconds [12]