Tim Nasional | Detail

Shin Tae-yong: Sepak Bola Indonesia Telah Membuat Saya Bangga

Hadi Febriansyah
Rabu, 13 Oktober 2021, 13:12 WIB
Shin Tae-yong: Sepak Bola Indonesia Telah Membuat Saya Bangga
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

PELATIH Timnas Indonesia, Shin Tae-yong nampaknya sudah semakin jatuh cinta dengan Indonesia, terutama dengan sepak bola Indonesia. Bagaimana tidak, apa yang telah ia bangun sejak tahun 2019 silam, perlahan mulai terlihat di tahun 2021 ini.

Memang dalam pertandingan babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu, Shin Tae-yong hanya mampu memberikan satu hasil imbang saja melawan Thailand. Sisanya, melawan Vietnam dan Uni Emirat Arab (UEA) Timnas Indonesia harus menelan kekalahan yang cukup telak.

Sejatinya meski hanya mendapatkan hasil imbang dan dua kekalahan permainan Indonesia tidak bisa dibilang buruk. Bahkan Shin Tae-yong perlahan membuat mentalitas pemain Timnas Indonesia kembali membaik setiap laganya.

Hal ini diperlihatkan ketika Timnas Indonesia menghadapi Taiwan di babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023. Bener saja, Timnas Indonesia bermain sangat agresif dan bisa meraih kemenangan pada dua leg yang dijalani oleh Timnas Indonesia.

Skuat Garuda menekuk Taiwan 3-0 di leg kedua. Tiga gol Indonesia dicetak Egy Maulana Vikri (27'), Ricky Kambuaya (55'), dan Witan Sulaeman (90+3'). Adapun sebelumnya Timnas Indonesia menang 2-1, dimana dua gol dicetak Ramai Rumakiek (17') dan Evan Dimas (50').

Bagi Shin Tae-yong capaian yang telah dilakukannya untuk Indonesia ini membuat dirinya sangat bangga dengan sepak bola Indonesia. Ia pun ingin sepak bola Indonesia bisa lebih berkembang dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.3428 seconds [12]