Tim Nasional | Detail

Shin Tae-yong Mengaku Terinspirasi Pep Guardiola dan Jose Mourinho dalam Melatih

Muammar Yahya Herdana
Rabu, 12 Januari 2022, 04:00 WIB
Shin Tae-yong Mengaku Terinspirasi Pep Guardiola dan Jose Mourinho dalam Melatih
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong ternyata terinspirasi dengan sosok Pep Guardiola dan Jose Mourinho. (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

JAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong ternyata terinspirasi dengan sosok Pep Guardiola dan Jose Mourinho. Dari 2 sosok kelas dunia itu, Shin Tae-yong pun belajar banyak hingga sanggup menjadi pelatih saat ini. 

Sejak bergabung pada awal 2020 lalu, Shin Tae-yong telah membuat banyak perkembangan bagi Timnas Indonesia. Teranyar, pelatih berusia 51 tahun itu mampu membawa skuad Garuda ke final Piala aFF 2020 bermodalkan pemain-pemain muda.

Shin Tae-yong menegaskan bahwa dirinya tidak diam saja untuk menjadi pelatih. Dirinya mengaku terus belajar dan menganalisa beberapa pertandingan di Eropa seperti Inggris dan Spanyol yang memiliki kualitas terbaik.

“Seorang pelatih memang tidak duduk saja, tetapi memang belajar terus menganalisa mungkin dari sepak bola Inggris atau Spanyol,” ungkap Shin Tae-yong pada podcast Close The Door miliki Deddy Corbuzier, Selasa (11/1/2022).

Shin Tae-yong juga tak menutupi kalau dirinya belajar banyak dari taktik Guardiola dan Mourinho. Hal itu yang kemudian menginspirasinya sebagai pelatih hingga sekarang melatih Timnas Indonesia.

“Dari pelatih (dikagumi) mungkin dari Man City, Pep Guardiola, dan juga (Jose) Mourinho, meski bukan penggemar berat mereka tetapi saya senang dengan taktik mereka,” tambahnya.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1145 seconds [12]