Tim Nasional | Detail

Shin Tae-yong Kenang Kesan Pertamanya Tangani Timnas Indonesia

Admiraldy Eka Saputra
Senin, 10 Januari 2022, 04:25 WIB
Shin Tae-yong Kenang Kesan Pertamanya Tangani Timnas Indonesia
Shin Tae-yong berfoto bersama jajaran staf pelatih Timnas Indonesia (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

NAMA Shin Tae-yong tengah jadi pembicaraan usai berhasil membawa Timnas Indonesia berbicara banyak di ajang Piala AFF 2020 kemarin. Witan Sulaeman dan rekan-rekan tampil mengesankan meski harus mengakui keunggulan Thailand final.

Shin Tae-yong pertama kali diumumkan sebagai pelatih Timnas Indonesia pada 27 Desember 2019. Artinya, juru taktik asal Korea Selatan itu kurang lebih sudah dua tahun menangani Skuad Garuda.

Bukan hanya timnas senior, Shin Tae-yong diberikan tugas untuk menangani timnas kelompok umur. Dia juga menjadi arsitek untuk Timnas Indonesia U-19 dan U-23. 

Baru-baru ini, Shin Tae-yong menceritakan awal kariernya menangani Timnas Indonesia. Pelatih 51 tahun itu menjelaskan dengan cukup rinci termasuk saat dirinya meminta bantuan pelatih lokal untuk menunjuk skuad awal tim.

“Indonesia berada di peringkat 173 dalam rangking FIFA. Saya harus pergi dan memilih pemain tanpa mengetahui apa-apa, jadi saya meminta pelatih lokal untuk merekomendasikan pemain," ujar Shin Tae-yong dilansir dari laman weekly-khan, Senin (10/1/2021).

"Kami mengumpulkan sekitar 60 orang, dan kami pergi ke sebuah tempat bernama 'Cikarang', yang berjarak satu jam dari Jakarta, dan tinggal di sana selama 5 hari. Ketika saya memainkan game pertama, saya sangat termotivasi dan bermain sepak bola dengan sangat baik selama 20 menit. Jadi saya berpikir, 'Oh, ada harapan'," lanjutnya.

Kini,  agenda lain sudah menanti Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia. Mulai dari FIFA Match Day yang akan digelar pada 24 Januari - 2 Januari 2022.

Lalu diikuti oleh Piala AFF U-23 pada 14-26 Februari 2022. Kemudian ada FIFA Match Day kembali pada akhir Maret 2022 dan SEA Games 2021 papada 12-23 Mei 2022. Padatnya jadwal bahkan membuat Shin Tae-yong memutuskan untuk tidak pulang ke Korea Selatan usai gelaran Piala AFF 2020 kemarin.


 

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1118 seconds [12]