logo
Balap Lainnya | Detail

Shell Gelar Kompetisi Shell Eco-marathon Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika

Fitradian Dhimas Kurniawan
Selasa, 06 September 2022, 20:41 WIB
Shell Gelar Kompetisi Shell Eco-marathon Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika
Konferensi Pers Shell Eco-Marathon Indonesia (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Kompetisi inovasi kendaraan hemat energi, Shell Eco-marathon akan diselenggarakan untuk pertama kalinya di Indonesia. Sekarang, kompetisi ini mampir ke Sirkuit Mandalika

Kompetisi Shell Eco-marathon telah menantang tim-tim mahasiswa di Asia sejak tahun 2010. Selama bertahun-tahun, balapan yang memperlombakan mobil ramah lingkungan ini berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Untuk tahun ini, para peserta akan menguji kendaraan hemat energi mereka di Sirkuit Mandalika. Balapannya sendiri rencananya akan diadakan pada 11-15 Oktober 2022 mendatang.

Shell Eco-marathon merupakan kompetisi yang menantang pelajar dan mahasiswa perguruan tinggi di berbagai negara di dunia. Kompetisi ini dibuat untuk untuk memacu inovasi merancang dan membangun kendaraan yang paling hemat energi.

Hal ini untuk menjawab tantangan energi di masa depan guna mewujudkan mobilitas yang lebih cerdas dan lebih berkelanjutan. Presiden Direktur dan Country Chair Shell Indonesia, Ingrid Siburian, menilai kompetisi ini menjadi perwujudan komitmen dalam menciptakan kendaraan hemat bahan bakar.

“Penyelenggaraan kompetisi Shell Eco-marathon merupakan wujud nyata dari komitmen Powering Progress yang dicanangkan Shell secara global,” kata Ingrid saat konferensi pers, Selasa (6/9/2022).

“Shell Eco-marathon menjadi ajang yang mendorong generasi muda di seluruh dunia untuk berinovasi dan berpartisipasi dalam mencari solusi atas tantangan energi di masa depan, serta mengakselerasi tercapainya agenda transisi energi di dunia, termasuk di Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, Ingrid senang akhirnya Indonesia dapat menjadi tuan rumah. Dia yakin akan semakin banyak peserta dari berbagai perguruan tinggi Indonesia yang ingin mengikuti balapan ini.

“Dengan ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah, tentunya kami berharap ajang ini dapat mendorong keterlibatan lebih banyak pihak untuk turut ambil bagian dalam pencapaian komitmen Net-Zero Emission (NZE) Indonesia di 2060,” tutur Ingrid.

Editor : Hendry Kurniawan

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1659 seconds [12]