logo
Balap Lainnya | Detail

Sesi Kualifikasi F1 Powerboat 2023 Indonesia Ditunda, Begini Penjelasan BMKG Soal Angin dan Gelombang Tinggi

Andhika Khoirul Huda
Minggu, 26 Februari 2023, 07:19 WIB
Sesi Kualifikasi F1 Powerboat 2023 Indonesia Ditunda, Begini Penjelasan BMKG Soal Angin dan Gelombang Tinggi
TOBA - Pembalap F1 PowerBoat saat mengikuti babak kualifikasi Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 PowerBoat (F1H2O) 2023 di Danau Toba, Balige, Sumatera Utara, Sabtu (25/2/2023).  Pihak penyelenggara secara resmi melakukan penundaan babak kualifikasi Ke

BALIGE - Sesi kualifikasi F1 Powerboat 2023 seri Indonesia yang seharusnya digelar pada Sabtu (15/2/2023) terpaksa ditunda karena angin kencang dan gelombang tinggi. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang memberikan informasi cuaca kepada pihak F1H2O pun membeberkan alasannya.

Pada Sabtu (25/2/2023) pukul 15.00 WIB, 20 pembalap telah memulai sesi kualifikasi dari balapan yang berlangsung di Danau Toba, Balige, Sumatera Utara, itu seperti yang dijadwalkan. Namun, baru beberapa menit berjalan, bendera merah dikibarkan.

Pasalnya, race director memutuskan untuk menghentikan balapan. Alasannya karena angin kencang yang bertiup dari arah Timur Laut menyebabkan terjadinya gelombang tinggi yang melebihi standar balapan.

F1 Powerboat 2023 Indonesia

Setelah itu, BMKG pun menjelaskan secara detail apa saja yang menjadi penyebab dari tertundanya sesi kualifikasi itu. Selain itu, mereka juha mengungkapkan bagaimana kondisi angin dan gelombang yang tercatat dalam sesi tersebut.

"Sesi tadi ditunda karena BMKG mencatat saat itu arah angin dari Timur Laut, karena posisi Danau Toba menghadap Barat Laut, posisinya menjadi tegak lurus. Itu menimbulkan gelombang dan tadi tercatat di angka 0,5 meter," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, dalam konferensi pers di Balige, Sabtu (25/2/2023).

"Nah aturannya untuk menggelar balapan F1 Powerboat ini tidak boleh mencapai 0,5 meter. Lalu kecepatan angin mencapai 8 knot (16 km/jam) padahal batasnya itu 5 knot," tambahnya.

"Kemudian suhunya tadi 20 derajat celcius walaupun cerah. Jadi bukan hanya persoalan cerah dan tidak ada hujan, tapi juga arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang dan temperatur," tuturnya.

Sebagai gantinya, sesi kualifikasi akan digelar pada Minggu (26/2/2023) pukul  08.00 WIB.Sementara jadwal balapan masih bakal dihelat seperti yang sudah ditentukan yakni pukul 15.00 WIB.

Namun, muncul kemungkinan bahwa untuk sesi kualifikasi dan balapan esok hari kembali terganggu. Sebab, BMKG memprediksi kecepatan angin dan gelombang masih bisa melebihi standar  yang ditetapkan oleh F1H2O.

"Kami sudah memprediksi cuaca besok cerah berawan mulai pukul enam pagi hingga empat sore. Jadi insyaallah kalau tidak ada perubahan yang dinamis dari cuaca aman," jelas Rita.

"Kemudian arah angin dari Timur Laut dan masih menimbulkan gelombang. Nah gelombangnya diprediksi berada di angka 0,4 meter hingga 1,1 meter, itu maksimum. Kecepatannya 5,2 sampai 8 knot," imbuhnya.

Editor : Furqon Al Fauzi

Follow Berita Sportstars di Google News

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Sportstars.id tidak terlibat dalam materi konten ini.
RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2102 seconds [13]