logo
Ragam Lainnya | Detail

Seru dan Meriah, Ini Kilas Balik Wirausaha Muda Mandiri 2022

Anindita Trinoviana
Selasa, 27 Desember 2022, 15:07 WIB
Seru dan Meriah, Ini Kilas Balik Wirausaha Muda Mandiri 2022
Grand Final Meet The Boss. (Foto: MPI/Aldhi Chandra Setiawan)

JAKARTA, sportstars.id Bank Mandiri sukses menggelar Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2022. Berakhirnya kompetisi WMM 2022 ini ditandai dengan mendaulat Indra Purwidiyanto sebagai Capital Champion pada babak grand final Meet The Boss yang diselenggarakan pada Kamis (8/12/2022) di Ritz Carlton Jakarta. 

WMM merupakan program andalan dari Bank Mandiri yang telah digelar sejak 2007 sebagai wujud konsistensi untuk mendukung para pengusaha muda Indonesia. Program ini juga membantu pemerintah dalam kewirausahaan di Indonesia di kalangan generasi muda. Sampai saat ini, WMM telah melahirkan lebih dari 56.000 wirausaha muda dengan berbagai inovasi usaha serta membuka lapangan kerja di tanah air.  

“WMM kini tidak hanya menjadi ajang perlombaan saja, tetapi sudah menjadi sebuah komunitas pengusaha muda yang solid dan terus meluas dari tahun ke tahun. Ini yang menjadi semangat bagi kami untuk terus konsisten mengembangkan wirausaha muda Indonesia,” ujar Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha.

Di tahun ini, WMM 2022 merupakan kali ke-12 yang digelar oleh Bank Mandiri, dengan diikuti oleh 6.919 peserta. Mengusung tema Bring Back Euphoria! Proud to be Entrepreneur, WMM 2022 dihelat dengan berbeda dari sebelumnya. Kali ini, WMM tidak hanya menggelar kompetisi untuk Business Existing saja, namun juga terdapat Side Competition berupa Business Plan dan Santripreneur.

Sebagai informasi, kompetisi Business Existing dapat diikuti oleh wirausahawan dengan bisnis yang sudah berjalan minimal empat tahun. Nantinya, diharapkan dapat melakukan eskalasi dengan memenangkan hadiah modal yang akan diberikan melalui seleksi di berbagai tahapan.
 

Pengumuman pendaftaran WMM 2022. (Foto: dok Instagram @wrausahamandiri)
Pengumuman pendaftaran WMM 2022. (Foto: dok Instagram @wrausahamandiri)



Sedangkan Business Plan Competition yang merupakan bagian dari Side Competition, ditujukan untuk wirausahawan yang baru memulai bisnisnya guna mempresentasikan rencana bisnis yang akan dijalankan selama beberapa tahun ke depan.

Selain Business Plan, side competition WMM kali ini juga diisi dengan kategori Santripreneur, yakni kompetisi yang ditujukan kepada para santri sebagai perwakilan pondok pesantren dalam membuat rencana bisnis yang akan dijalankan.

Pada WMM 2022 ini terdapat empat kategori usaha, di antaranya kategori Boga (makanan dan minuman dine in, minuman kemasan, makanan dan camilan kemasan), Kreatif (fashion label, entertainment, kesenian dan kebudayaan), Teknologi (digital apps, inovasi teknologi), dan Sosial (sosial lingkungan, jasa sosial).

Adapun tahapan yang harus dilalui oleh peserta WMM 2022, di antaranya:
1.      Mekanisme Pendaftaran WMM 2022
Seleksi kompetisi WMM bagi pengusaha muda ini dilakukan di masing-masing wilayah dengan tahapan awal registrasi mulai 27 September sampai 30 Oktober 2022. Untuk melakukan registrasi, bisa mengakses langsung melalui website www.wmm.id dengan detail sebagai berikut, Registrasi awal, Penentuan 240+4, Penentuan Top  100, Online Capital League, Onsite Capital League, dan Final Meet The Boss.

2.      Golden Ticket
Pada Golden Ticket, peserta dapat langsung menjadi Finalis Nasional. Bagi pemilik perusahaan cukup menyertakan company profile, dengan ketentuan maksimal 10 halaman di luar cover, informasi umum perusahaan, portofolio perusahaan, penjelasan produk/layanan, struktur organisasi perusahaan, ukuran maksimal file 2MB.

3.      Bootcamp
Para peserta yang lolos menjadi Top 16+1 atau Top 17 melakukan tahap Bootcamp di Jakarta selama tiga hari. Pada tahapan ini, para peserta dibagi menjadi empat kelompok dan melakukan berbagai tantangan tim di hari pertama.

Di hari kedua, peserta diberikan workshop mengenai food photography dan crenovation. Sampai akhirnya tiba di hari terakhir atau hari ketiga, di mana para mentor mengumumkan para peserta yang lolos menjadi Top 4.

4.      Meet The Boss
Meet The Boss menjadi babak grand final dari kompetisi Business Existing WMM 2022. Pada babak ini, Top 4 akan bertemu dengan dewan juri atau disebut juga The Boss untuk mempresentasikan usahanya yang dilanjut sesi tanya jawab. 

Adapun The Boss pada ajang WMM 2022 ini adalah Direktur Utama PT Bank Mandiri, Tbk Darmawan Junaidi, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia BUMN Tedi Bharata, Presiden Direktur Medco Energy sekaligus Duta Kopra Hilmi Panigoro, dan Public Figure sekaligus Entrepreneur Christian Sugiono.

Acara yang juga dimeriahkan oleh Kahitna dan Juicy Luicy ini mendaulat Indra Purwidiyanto dari Kategori Kreatif dengan usaha Naruna Keramik sebagai Capital Champion yang berhasil meraih nilai investasi sebesar Rp290.000.000.

“Alhamdulillah banget, terima kasih tuhan, keluarga, temen, family Naruna. Nggak nyangka sih bisa sampai ke tahap ini, pesertanya WMM ini hebat-hebat, keren-keren, kita sebenernya udah nggak kayak kompetisi, kayak keluarga. Jadi, ini kemenangan bukan hanya buat saya, tapi buat semuanya,” ucap Indra.

Juara kedua ditempati oleh Dian Prayogi (Habibi Garden, kategori Sosial) dengan hadiah Rp255.000.000. Posisi ketiga ditempati oleh Alvin Tanto (3Dprint.ID, kategori Teknologi) dengan hadiah Rp180.000.000 dan Benita Selian (Smoothie Theory, kategori Boga) yang menempati posisi keempat dengan hadiah Rp75.000.0000.

Keseruan WMM Fest
Kemeriahan WMM 2022 tidak berhenti sampai di babak Meet The Boss, rangkaian acara ini berlanjut dengan WMM Fest yang diselenggarakan selama tiga hari, Jumat sampai Minggu, pada 9-11 Desember 2022 di Plaza Barat Senayan, Jakarta.
 

Expo WMM Fest 2022. (Foto: MPI/Aldhi Chandra Setiawan)
Expo WMM Fest 2022. (Foto: MPI/Aldhi Chandra Setiawan)


“Dalam WMM Fest ini kami menghadirkan seluruh mitra binaan terbaik Bank Mandiri. Kami hadirkan juga para finalis WMM 2022 dan alumni WMM. WMM Fest kali ini ada beragam hiburan dan sarana edukasi bisnis bagi masyarakat, khususnya generasi muda,” tutur Vice President CSR Department PT Bank Mandiri Diwangkoro A Ratam.

Di WMM Fest, pengunjung dapat melihat expo dari UMKM binaan Bank Mandiri dan Top 16 WMM 2022, talk show yang dapat diikuti oleh masyarakat umum dan pelaku UMKM, fashion show, food festival, dan Unit Bisnis Mandiri Livin’ by Mandiri. Ada juga music performance yang akan menemani para pengunjung selama berada di WMM Fest.

Hari pertama WMM Fest, para pengunjung dapat mengikuti zumba bersama Denada, talk show mengenai Boga dan juga Teknologi langsung dengan para praktisi. Tak ketinggalan, Mural Performance dari Guntur Wibowo. Dilanjut dengan music performance dari Charly ft Setia Band, Maliq & D’essentials, dan Fourtwnty.

Antuasiasme sekaligus ungkapan terima kasih disampaikan oleh Siti Halimah UMKM yang berasal dari Gorontalo, Sulawesi Utara yang merasa beruntung dapat bergabung dalam expo yang digelar Bank Mandiri. Owner ikan tuna olahan Ghidza Sasuke ini bahkan mengaku bangga karena dirinya merupakan satu di antara 15 UMKM yang terpilih sebagai tenant yang mengisi booth Urban Fest WMM 2022.

“Masha Allah, Bank Mandiri memang benar-benar support system dengan menyiapkan acara sebesar ini untuk bisa mengangkat kami para UMKM di Indonesia. Mandiri memfasilitasi kit untuk menjadi lebih baik di tengah bayang-bayang resesi, daya beli rendah. Kita diberi semangat,” tuturnya.

Hari kedua tak kalah meriah dengan adanya Kompetisi Mural dan Fashion Doodle Art, talk show sosial, serta penampilan dari Goodnight Electric, Rizky Febian, Kunto Aji, Barasuara, dan Evan Loss yang berhasil membuat penonton tersenyum puas.
 

Grup musik Dewa 19 Ft. Marcello Tahitoe saat tampil membawakan lagu yang pernah hits di era 90an. (Foto: MPI/Faisal Rahman)
Grup musik Dewa 19 Ft. Marcello Tahitoe saat tampil membawakan lagu yang pernah hits di era 90an. (Foto: MPI/Faisal Rahman)


Di hari terakhir atau hari ketiga ini ditutup dengan talk show inspiratif menjadi konten kreator, fashion show dengan kehadiran Bonge, serta urban fest. WMM Fest 2022 ditutup apik dengan music performance dari Dewa19 ft Ello, Gigi, Element, Andien, Lalahuta, dan Teddy Adhitya.

Talk show yang diselenggarakan sejak hari pertama ini diisi oleh para alumni WMM dan praktisi di bidangnya. Seperti yang dikatakan oleh Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha, sebagai konsistensi kepada para peserta yang tidak hanya pada tahapan kompetisi, namun juga berlanjut pada tahap pendampingan, pengembangan usaha, dan promosi usaha para finalis dan juara WMM.

Salah satunya, dengan mengikutsertakan pada event-event promosi nasional dan lokal yang didukung oleh Bank Mandiri agar dapat memperkenalkan produk dan usahanya dengan lebih luas.
Masih banyak benefit lainnya yang bisa didapatkan dengan mengikuti Wirausaha Muda Mandiri. Salah satunya, dapat memanfaatkan digital channel yang dikembangkan oleh Bank Mandiri.

“Kita sangat terbuka untuk para Wirausaha Muda Mandiri manfaatkan digital channel yang sudah kita kembangkan, dan tentunya akan terus kita besarkan, kita lihat generasi muda sekarang untuk miliki usaha sendiri sangat besar, ini bagus buat ekonomi Indonesia ke depan,” kata Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi.

Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki business existing atau pun merencanakan bisnis, persiapkan diri mulai saat ini untuk mengikuti Wirausaha Muda Mandiri 2023 mendatang, ya. Raih kesempatan menangkan hadiah miliaran rupiah dan menjadi bagian dari alumni WMM. Sampai jumpa di WMM 2023!

Editor : Yaomi Suhayatmi

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1871 seconds [13]