Liga Indonesia | Detail

Sempat Dijuluki Messi Indonesia dan Bertemu Guardiola, Bagaimana Kabar Tristan Alif Naufal Saat Ini?

Furqon Al Fauzi
Selasa, 11 Januari 2022, 05:00 WIB
Sempat Dijuluki Messi Indonesia dan Bertemu Guardiola, Bagaimana Kabar Tristan Alif Naufal Saat Ini?
Tristan Alif Naufal (Foto: Instagram Tristan Alif Naufal)

NAMA Pesepak bola muda Tristan Alif Naufal sempat harum. Pemuda kelahiran Jakarta, 12 Desember 2004 tersebut digadang sebagai calon bintang masa depan sepak bola Indonesia. Namun bagaimana kabarnya saat ini?

Tristan Alif mulai dikenal setelah aksi skill individunya dalam mengolah si kulit bundar tersebar luas di Youtube pada 2012 silam. Bahkan masih di tahun yang sama, Tristan Alif sempat bertemu dengan pelatih Manchester City Pep Guardiola dalam sebuah acara di Jakarta.

Pep yang saat itu menjalani musim terakhirnya sebagai pelatih Barcelona, terkesan dengan skill yang dimiliki putra dari pasangan Ivan Trianto dan Irma Lansano tersebut. Tristan Alif pun kemudian dijuluki sebagai (Lionel) Messi Indonesia.

Pep bahkan merekomendasikan Tristan Alif untuk menimba ilmu sepak bola di Akademi Barcelona yang sangat terkenal, La Masia. Namun hal itu urung terjadi karena terbentur proses administrasi. 

Tristan Alif sempat menjalani trial di Akademi Ajax Amsterdam pada 2013 dan diperebutkan pula oleh Feyenoord Rotterdam. Tristan akhirnya didaftarkan ke Akademi Feyenoord dengan undangan khusus.

Sederet prestasi diraih oleh Tristan Alif selama di Belanda kala itu, di antaranya adalah meraiah gelar MVP di Ajax International Cup 2014, Best Player 1v1 category, dan Coerver Netherland Master Skillz 2014.

Namun Tristan urung bisa dikontrak secara profesional karena terbentur sejumlah aturan adminstrasi transfer pemain muda. Sejak saat itu namanya mulai menghilang. Tristan hanya sempat membela beberapa Sekolah Sepak Bola (SSB) seperti Kabomania dan ASIOP dalam sejumlah kompetisi amatir.

Pada 2019, nama Tristan Alif sempat mencuat kala dirinya dipanggil mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-16 asuhan Bima Sakti. Tristan bahkan rela melepas kesempatan trial di Eropa (Belanda) dan memilih ikut seleksi Skuad Garuda Muda.

Namun Tristan Alif gagal bersaing untuk masuk ke skuad utama Timnas Indonesia U-16 lantaran namanya dicoret. Pada 2020 Tristan dikabarkan gabung kembali ke SSB ASIOP. Setelah wisuda di ASIOP, kiprah Tristan Alif saat ini belum terdengar lagi kabarnya.

Dari informasi yang didapat dari rekan-rekan seangkatannya, Tristan Alif yang saat ini berusia 17 tahun, belum bergabung dengan klub profesional manapun di Indonesia maupun luar negeri. Tristan Alif kabarnya lebih sering bermain Fun Football bersama rekan-rekan sejawatnya.
 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1067 seconds [13]