Netting | Detail

Sempat Absen 2 Edisi, Akhirnya Kejuaraan Dunia Junior BWF Digelar Lagi

Quadiliba Al-Farabi
Rabu, 29 Desember 2021, 15:18 WIB
Sempat Absen 2 Edisi, Akhirnya Kejuaraan Dunia Junior BWF Digelar Lagi
Ajang Kejuaraan Dunia Junior BWF atau BWF World Junior Championships akhirnya digelar lagi setelah 2 tahun absen (FOTO: BWF Badminton).

AJANG Kejuaraan Dunia Junior Bulu Tangkis atau BWF World Junior Championships akhirnya resmi digelar lagi untuk tahun 2022. Ajang yang diperuntukkan untuk pebulu tangkis di bawah 19 tahun ini hadir dengan trofi Eye Level Cup yang baru.

Sebagaimana diketahui, ajang ini terakhir kali terselenggara pada 2019 lalu. Setelah dari situ, selama dua tahun ajang ini dibatalkan karena adanya pandemi Covid-19.

Pada 2020, sebenarnya jadwal kejuaraan dunia junior ini akan digelar di Selandia Baru, namun agenda itu batal. Pada 2021 sempat diagendakan di China, namun ketidaklayakan tempat membuatnya diundur hingga tahun depan.

Tahun depan, ajang ini dipastikan akan digelar di Spanyol pada Oktober. Detailnya yakni acara tim campuran digelar pada 17 - 22 Oktober 2022 kemudian dialnjutkan kegiatan pendidikan dan kebudayaan pada 23 Oktober.

Adapun kompetisi perorangan akan dilanjutkan besoknya yakni 24 Oktober 2022 hingga 30 Oktober 2022. Rentetan acara ini tidak berubah sebagaimana dua tahun lalu di Kazan, Rusia.

Berdasarkan laman resminya, BWF yakin dan berkomitmen untuk Kejuaraan Dunia Junior yang berlangsung pada 2022 tersebut. BWF berharap Turnamen Sirkuit Junior juga dapat dilanjutkan ke tingkat yang lebih besar di semua wilayah pada kuartal pertama tahun 2022.

Terlepas dari itu, keunikan disajikan dalam penyelenggaraan tahun depan yakni tampilan baru dari trofi yang biasa disebut Eye Level Cup. Trofi ini disumbang langsung oleh Mantan Presiden BWF dan ketua Yayasan Budaya Pemuda Dunia, Dr Kang Young Joong.

Sebanyak lima Piala Eye Level baru bakal diberikan kepada para pemenang di Kejuaraan Dunia Junior BWF 2022. Ini diyakini menjadi awal dari keberlanjutan turnamen ini dalam jangka panjang.

Sebagaimana diketahui, trofi di ajang ini terbagi dua yakni  Suhandinata cup  untuk grup dan Eye Level Cup untuk perorangan. Dengan pemutakhiran di setiap tahunnya, hingga 2019 lalu piala ini masih diberikan kepada para juara.

Bentuk yang identik dengan “kuping” dan penutup di atas trofi dengan replika seperti burung kini tidak lagi digunakan. Kini Piala tersebut berbentuk tegak lurus tanpa memiliki kuping. Kendati demikian, sentuhan emas masih medominasi trofi ini.

Jadwal Kejuaraan Dunia Junior BWF 2022:

Acara Tim Campuran – Senin 17 hingga Sabtu 22 Oktober 2022
Kegiatan Pendidikan / Kebudayaan – Minggu 23 Oktober 2022
Acara Perorangan – Senin 24 Oktober hingga Minggu 30 Oktober 2022
 

Editor : Coro Mountana

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1233 seconds [12]