logo
F1 | Detail

Semakin Tua, Fernando Alonso Justru Sebut Usianya Sebagai Keuntungan

Fitradian Dhimas Kurniawan
Rabu, 21 Desember 2022, 15:45 WIB
Semakin Tua, Fernando Alonso Justru Sebut Usianya Sebagai Keuntungan
Fernando Alonso (Alpine F1 Team) bersiap mengikuti balapan F1 GP Meksiko 2022 di Sirkuit Autodromo Hermanos Rodriguez (Foto: Reuters/Carlos Perez Gallardo)

OVIEDO - Fernando Alonso menjadi pembalap paling tua pada F1 2023 mendatang. Namun, Alonso justru menyebut usianya itu justru
memberikan keuntungan tersendiri baginya.

Musim depan Alonso akan membelot dari Alpine dan membela Aston Martin Racing. Tim yang bermarkas di Silverstone tersebut memberikan kontrak kepada Alonso selama dua tahun.

Saat ini, pembalap asal Spanyol tersebut sudah berusia 41 tahun. Ketika kontraknya di Aston Martin berakhir pada 2024, dia akan menginjak usia 43 tahun, dan terbilang sangat tua bagi ukuran pembalap F1.

Walau demikian, Alonso tak menganggap usianya yang cukup tua tersebut sebagai halangan. Dia justru menilai usianya tersebut sebagai keuntungan tersendiri, bersama dengan pengalamannya.

“Tentu saja saya memiliki keunggulan. Saya sudah balapan di seluruh lintasan di kalender sebanyak 17 kali. Beberapa dari kolega saya mungkin baru dua kali,” kata Alonso dikutip Planet F1, Rabu (21/12/2022).

Berkat pengalamannya yang banyak, Alonso kini hanya perlu membutuhkan waktu sedikit di berbagai lintasan. Karena pada dasarnya dia sudah cukup mengingat sejumlah lintasan yang sudah dijalaninya.

“Usia saya memberikan keuntungan. Saya bisa memberi gambaran berdasarkan pengalaman. Seperti di Montreal, kami hanya melakukan beberapa putaran karena hujan. Saya sudah mengenal lintasannya saat diguyur hujan pada masa lalu,” ujarnya.

Tentu, Alonso tak menyangkal jika pembalap muda juga memiliki keunggulan fisik tersendiri. Namun, dia merasa sejauh ini belum ada pembalap muda yang dapat mengalahkannya.

“Latihan sebanyak apapun tak bisa mengganti keuntungan tersebut. Jika seorang pembalap muda mampu menyalip di putaran terakhir dan menuntut fisik, berarti dia memiliki fisik yang lebih prima. Tetapi, hal seperti itu tak pernah terjadi,” pungkas Alonso.

Editor : Furqon Al Fauzi

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1903 seconds [13]