Hobi | Detail

Selain Jazz dan Panther, Dua Mobil Juga Ini Stop Produksi

Fikri Kurniawan
Jum'at, 14 Mei 2021, 03:07 WIB
Selain Jazz dan Panther, Dua Mobil Juga Ini Stop Produksi
Agen tunggal pemegang merek hentikan beberapa produksi mobil. (Grafis: Reinaldo)

JAKARTA  - Jelang semester pertama tahun 2021, beberapa agen tunggal pemegang merek (ATPM) memutuskan menghentikan produksi mereka. Setidaknya ada empat mobil yang cukup terkenal di masanya akhirnya tidak lagi diproduksi karena berbagai alasan. 

Setidaknya ada empat mobil yang tidak lagi diproduksi beberapa ATPM. Dari pabrikan Honda, ada mobil Honda Jazz, Isuzu, menghentikan Isuzu Panther, Nissan menhentikan Nissan Terra, sedangkan Mitsubishi "mematikan" produksi Mitsubishi Outlander

Ada beberapa faktor yang membuat produksi empat mobil tersebut dihentikan oleh pabrikan roda empat di Indonesia. Alasan penjualan yang mulai menurun, sampai masalah regulasi emisi. Alasan lain, tentu saja kehadiran produk baru yang dianggap lebih menarik dari sisi pasar. Berikut ini beberapa mobil yang sudah tidak diproduksi lagi pada 2021, dihimpun dari berbagai sumber.

Empat mobil yang tidak akan lagi diproduksi. (Grafis: Reinaldo)

Honda Jazz

PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan telah menghentikan produksi Honda Jazz di Indonesia. Honda Jazz sudah memiliki penggantinya, yakni Honda City Hatchback yang baru diluncurkan pada awal Maret 2021 lalu. Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, menjelaskan, Honda Jazz terakhir kali diproduksi pada Januari 2021.Hingga saat ini, semua unit Honda Jazz yang diproduksi terakhir itu sudah dikirim ke jaringan dealer Honda di seluruh Indonesia.

Isuzu Panther

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) juga telah mengumumkan bahwa Isuzu Panther sudah tak dijual dan diproduksi lagi untuk pasar Indonesia, sejak Februari 2021.Alasan penghentian tersebut karena model ini terbentur regulasi Euro4. Selain itu, Isuzu juga mencanangkan fokus ke pasar mobil komersial. Tak hanya itu, Isuzu juga mengakui bahwa pasar Panther semakin menurun karena tergantikan kehadiran merek-merek lain.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1494 seconds [13]