logo
Ragam Lainnya | Detail

Selain Bela Diri, Ini Fungsi Pencak Silat

Tim Sportstars
Senin, 31 Oktober 2022, 17:35 WIB
Selain Bela Diri, Ini Fungsi Pencak Silat
Fungsi pencak silat bukan hanya sebagai bela diri, namun juga seni dan pendidikan. (Foto: kwriu.kemdikbud)

JAKARTA - Fungsi pencak silat bukan hanya untuk bela diri. Pencak silat merupakan seni bela diri yang mengandung unsur tradisional Indonesia. 

Bela diri ini  juga tersebar dan dikenal luas di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Filipina Selatan, dan Thailand Selatan. Masyarakat meyakini, pencak silat sudah mulai dikenal di Indonesia sejak abad ke-7 Masehi.

Dengan menghadirkan keindahan gerak, ketangkasan, perasaan, dan pikiran di tiap jurusnya, bela diri ini diminati oleh berbagai kalangan di masyarakat baik anak kecil maupun orang dewasa.

Selain memiliki teknik yang harus dikuasai oleh orang-orang yang melakukan pencak silat, bela diri ini juga memiliki fungsi-fungsi yang harus kita ketahui.

Fungsi Pencak Silat

Pencak silat memiliki 3 fungsi utama yaitu untuk bela diri, seni, dan pendidikan. Mari kita simak uraian di bawah ini.

1. Bela Diri

Fungsi pencak silat untuk bela diri antara lain:

  • Pencak silat menggunakan seluruh anggota tubuh, baik dari kaki hingga rambut pada wanita pun digunakan sebagai alat pembelaan diri.
  • Pencak silat dapat dilakukan baik dengan tangan kosong maupun menggunakan senjata.
  • Benda apapun yang ada disekitar kita dapat dijadikan sebagai senjata dalam pencak silat.

2. Seni

Dalam tiap gerakan pencak silat mengandung keindahan. Gerakan tersebut harus memiliki keselarasan serta keseimbangan antara antar wirama, wirasa, dan wiraga.

3. Pendidikan

Selain kedua fungsi di atas, pencak silat juga memiliki fungsi pendidikan. Dengan mempelajari pencak silat mampu memberikan keterampilan, kemampuan dan kemantapan dalam mempertahankan dan membela diri ketika mendapat ancaman baik dari dalam maupun dari luar. Selain itu, ada juga pengajaran-pengajaran lain yang positif tentang perilaku dan tata krama dalam pencak silat. 

Seperti itulah fungsi pencak silat yang berhasil dirangkum oleh kami. Selamat mempelajari bela diri pencak silat! (Rizke Robiatul Alawiah)

Editor : Abdul Haris

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1739 seconds [13]