logo
Bola Lainnya | Detail

Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia: Sejak Masa Klasik Hingga Kontemporer!

Okta Novanto
Jum'at, 23 September 2022, 16:37 WIB
 Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia: Sejak Masa Klasik Hingga Kontemporer! 
Sejarah sepak bola tidak hanya dikenal di Eropa namun juga sudah dimainkan di benua lainnya.

JAKARTA - Sejarah sepak bola dunia dan Indonesia menjadi sebuah perjalanan panjang sebuah cabor paling populer ini. Sepak bola merupakan olahraga yang sudah ada dari era kerajaan lampau, namun belum banyak diketahui seperti saat ini.

Meski publik umumnya mengetahui olahraga kulit bundar paling berkembang di Eropa, namun ternyata pada masa lampau juga sudah dikenal oleh penduduk Asia, tepatnya China pada masa dinasti.

Penasaran dengan sejarah sepak bola dunia dan Indonesia? Berikut informasinya telah Sportstars.id rangkum dari berbagai sumber;

Sejarah masuknya sepak bola di Indonesia sudah dimulai sejak zaman penjajahan.

Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia

Sejarah Sepak Bola Klasik

Jauh sebelum sepak bola menjadi sebuah ajang akbar di berbagai benua atau pada khususnya di Eropa, sepak bola sudah dikenal pada era kuno saat peradaban Romawi, Yunani Kuno, dan Cina di masa dinasti Tsin (9255-206 SM).

Ada yang mengatakan bahwa sepak bola berasal dari negara Cina, masa Dinasti Han. Masyarakat Tionghoa memiliki permainan tradisional bernama Tsu Chu, karena konsep permainannya sama sehingga dianggap sebagai cikal bakal permainan sepak bola.

Pada penelusuran lain, beberapa ahli sejarah berpendapat sepak bola dikenalkan oleh bangsa Romawi Kuno yang populer dengan nama episkyros. Kemudian, permainan sepak bola kuno ini berkembang menjadi permainan sepak bola modern.

Sejarah Sepak Bola Modern

Sejarah lahirnya sepak bola (foto: Wikipedia)

Sejarah sepak bola modern bermula dari diresmikannya sebuah organisasi perkumpulan sepak bola yang berpusat di Football Association Freemanson’s Tavern, London, Inggris.

Pada konferensi tersebut, menetapkan beberapa peraturan permainan sepak bola yang kemudian diikuti oleh asosiasi sepak bola dari Wales, Skotlandia, dan Irlandia.

Seiring berjalannya waktu, himpunan asosiasi sepak bola dari berbagai negara tersebut mendirikan International Football Association Board (IFAB) sebagai wadah organisasi sepak bola yang lebih besar.

Olahraga ini semakin menunjukan pertumbuhan pesat dan perkembangan signifikan sehingga diresmikan Federation International de Football association (FIFA) di Paris, Perancis pada tanggal 21 Mei 1904.

Dari pembentukan organisasi terbesar di dunia itulah menjadi tonggak berlabuhnya kompetisi sepak bola Internasional. Eksposur dari olahraga sontak membuatnya tersosialisasikan ke bagian timur, atau Asia hingga masuk ke Bumi Nusantara.

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2350 seconds [12]