Ragam Lainnya | Detail

Sejarah dan Teknik Dasar Renang Gaya Punggung

Wikku D. Nugroho
Rabu, 27 April 2022, 12:49 WIB
Sejarah dan Teknik Dasar Renang Gaya Punggung
Contoh gerakan renang gaya punggung (Foto: Reuters/Stefan Warmuth)

JAKARTA- Renang gaya punggung atau Back Stroke adalah gaya berenang dengan posisi punggung menghadap ke air atau posisi tubuh telentang. Gerakan gaya punggung sama dengan gerakan gaya bebas. Perenang harus dapat mengapung di atas air, menggunakan punggung. 

Renang gaya punggung ini berbeda dengan gaya renang lainnya. Karena gaya renang ini tidak membenamkan wajah ke dalam air. Namun posisi wajah di atas permukaan air. Ini membuat wajah dan mulut dapat digunakan untuk bernafas di atas air. 

Sejarah Renang Gaya Punggung

Renang gaya punggung merupakan gaya renang tertua setelah gaya bebas dan sudah dikenal sejak masa kuno. Namun gaya punggung ini baru dikenalkan di tahun 1912. Pada masa tersebut sudah terdapat perlombaan nasional dan internasional, baik untuk renang gaya bebas, dada, dan punggung. 

Pada awalnya gaya punggung yang digunakan adalah gaya punggung elementer atau gaya punggung dengan menggunakan kedua lengan ke atas. Namun seiring waktu, renang gaya punggung berubah tekniknya seperti gaya punggung yang kita kenal saat ini.

Teknik Dasar Renang Gaya Punggung

Pada hakikatnya gaya punggung ini secara teknis sama dengan gaya bebas. Namun posisi badan perenang dalam gaya punggung menjadi telentang. Sehingga kepala dan badan menghadap ke atas. Usahakan posisi badan selalu berada di atas dan lurus dengan permukaan air. 

Kemudian selanjutnya perenang harus posisikan punggung agar hampir sejajar kepala. Sementara itu untuk posisi panggul harus lebih rendah dibandingkan dengan level kepala dan bahu. Posisi ini akan menjaga perenang tetap aman.

Gerakan kakinya juga sama dengan gaya bebas, yaitu bergerak ke atas dan bawah dilakukan secara bergantian. Gerakannya dimulai dari panggul atau pangkal paha serta diikuti dengan gerakan betis dan pergelangan kaki.

Berikutnya dalam gerakan tangan yaitu secara bergantian mengeluarkan dan memasukkan kedua tangan ke dalam air secara bergantian. Perenang harus optimalkan kekuatan kedua tangan untuk mendorong tubuhnya ke depan.
 
Demikian Renang Gaya Punggung: Sejarah Dan Teknik Dasar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat khususnya bagi kamu yang ingin belajar renang gaya punggung.
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1297 seconds [13]