logo
Hobi | Detail

Sejarah Permainan Bola Besar, Bola Voli hingga Bola Basket

Tim Sportstars
Senin, 25 Juli 2022, 16:38 WIB
Sejarah Permainan Bola Besar, Bola Voli hingga Bola Basket
Sejarah Permainan Bola Besar, termasuk Bola Voli seperti yang dimainkan Jaja Santiago asal Filipina. (Instagram)

Sejarah permainan bola besar di dunia sudah berkembang sejak 1600 SM. Di masa itu, bola tidak hanya digunakan sebagai sarana berolahraga, tapi juga tujuan keagamaan dan ritual. Ollamaliztli merupakan salah satu olahraga religius yang tumbuh di Mesoamerika sekitar tahun 1600 SM.

Dalam permainan ini, pemain terbagi ke dalam dua tim dan harus mempertahankannya dengan cara mengoper bolak balik bola yang dimainkan. Sekilas, olahraga ini mirip dengan voli karena setiap tim terdiri dari 4-5 orang pemain.

Olahraga ini melambangkan pertempuran antara hidup dan mati sehingga olahraga ini disebut-sebut sebagai salah satu ritual keagamaan. Suku Mesoamerika juga memiliki lapangan batu besar di setiap kota sebagai fasilitas permainan ritualistik ini.  Memasuki awal 1700 SM, Mesoamerika kuno mulai mengembangkan bola berbahan lateks yang dibuat dari getah pohon untuk berbagai keperluan. 

Sejarah permainan bola besar di dunia

Bola Voli  

Sejarah Bola Voli Dunia

Voli diciptakan William G. Morgan pada tahun 1895 dengan nama Mintonette. William merupakan seorang direktur YMCA di Holyoke, Massachusetts. Idenya memunculkan olahraga Mintonette bermula ketika ingin memenuhi keinginan pengusaha lokal karena menganggap permainan basket terlalu melelahkan dan banyak menghabiskan tenaga. 

Permainan ini memiliki banyak peminat karena hanya butuh sedikit keterampilan dasar untuk memahaminya. Pada masa itu, jumlah pemain dibebaskan dari setiap masing masing tim. Memasuki tahun 1896, nama Mintonette diubah menjadi Voli oleh Alfred T, Halstead. Dia menganggap kata Voli lebih cocok digunakan untuk olahraga ini karena gerakan yang dihasilkan dari bola yang dimainkan melambung sebelum menyentuh tanah (Volleying).

Sejarah Bola Voli Indonesia

Di tahun 1928, permainan voli dikenalkan pengajar pengajar Belanda pada sekolah sekolah lanjutan di tanah air. Bekas penjajah jepang yang tergabung dalam TNI  juga turut mempopulerkan olahraga ini ke masyarakat.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2029 seconds [13]