logo
Ragam Lainnya | Detail

Sejarah Perkembangan Atletik di Dunia dan di Indonesia

Intan Rachmasari
Rabu, 27 Juli 2022, 04:58 WIB
Sejarah Perkembangan Atletik di Dunia dan di Indonesia 
Olahraga atletik memiliki sejarah panjang di dunia dan khususnya di Indonesia (PB PON XX Papua / Ady Sesotya).

JAKARTA-Sejarah perkembangan atletik di Indonesia dan di dunia menjadi informasi yang menarik untuk dikupas. Atletik sendiri adalah jenis olahraga yang cukup populer di dunia dan juga di Indonesia.

Berbagai perlombaan olahraga juga tak jarang memasukkan atletik sebagai salah satu cabang olahraga yang dilombakan. Atletik biasa dilombakan di acara seperti Pekan Olahraga Nasional, SEA Games, Asian Games hingga Olimpiade.

Atletik berasal dari bahasa Yunani yaitu athlon, yang berarti persaingan atau pertempuran. Konsep dasar olahraga atletik adalah ragam gerak alamiah atau alamiah manusia yang berlangsung setiap hari.

Pada kesempatan kali ini sportstars.id akan membahas mengenai sejarah perkembangan atletik di Indonesia dan di dunia. Dilansir dari beberapa sumber, berikut ulasannya;

 Lari 1.500 Meter Putri Awali Sesi Pagi Cabang Atletik Olimpiade Tokyo 2020

Sejarah Perkembangan Atletik di Dunia

Berdasarkan Encyclopaedia Britannica, atletik telah berkembang sejak zaman peradaban Mesir kuno, yang dimulai sekitar masa 3000 SM. Tujuan atletik kuno sejatinya demi manusia bertahan hidup, seperti dalam mencari makan untuk menghindari serangan hewan.

Sebuah acara olahraga yang disebut Festival Lughnasadh  juga diadakan di Irlandia. Festival ini juga disebut sebagai festival tradisi perayaan panen di Irlandia dan juga Skotlandia.

Dikutip dari beberapa sumber sejarah atletik dibagi kedalam dua periode, yaitu periode olimpiade kuno dan periode olimpiade modern. 

Olimpiade Kuno 

Banyak ahli dan peneliti sepakat bahwa sejarah atletik sebagai olahraga kompetitif yang dimulai dengan Olimpiade kuno di Yunani. Ide ini didasarkan pada beberapa lukisan kuno yang ditemukan di Yunani. Selama periode ini, perkembangan sejarah olahraga dialami antara  500 dan 400 SM saat masa kejayaan mereka.

Olimpiade Kuno, juga dikenal sebagai the Ancient Olympic Games, pertama kali diadakan sekitar tahun 776 SM. Olimpiade ini diadakan di  Yunani. Beberapa nomor cabang olahraga dipertandingkan dalam pertandingan ini. Contohnya  lari, lompat jauh,  dan gulat. 

Pada tahun 394 M olahraga atletik sempat dilarang pada masa kekuasaan Theodosius. Hal ini dikarenakan menurutnya olahraga atletik adalah kegiatan menyembah berhala. Maka pada masa kekuasaan Theodosius olahraga seperti Gladiator dan adu pedang lebih digemari. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2138 seconds [13]