logo
MotoGP | Detail

Sejarah MotoGP di Indonesia, dari Sirkuit Sentul Hingga Mandalika

Wikku D. Nugroho
Selasa, 20 September 2022, 17:32 WIB
Sejarah MotoGP di Indonesia, dari Sirkuit Sentul Hingga Mandalika
Sirkuit Sentul menjadi bagian penting dalam sejarah MotoGP di Indonesia. (Foto: Info Indonesia).

JAKARTA- Sejarah MotoGP di Indonesia menjadi topik hangat perbincangan para pecinta MotoGP. Ajang balap dunia MotoGP sudah menggelar balapan di Sirkuit Mandalika, Lombok pada 18-20 Maret 2022 lalu. 

Khusus di kelas 1000cc, balapan dimenangkan oleh pembalap pabrikan KTM, Miguel Oliviera. Sedangkan tempat kedua dan ketiga ditempati oleh Fabio Quartararo dan Johann Zarco. 

Balapan tersebut pun menyita banyak perhatian dari seluruh kalangan tak terkecuali masyarakat Indonesia. Ternyata bukan sekali ini saja Indonesia menjadi tuan rumah gelaran MotoGp. Di tahun 1997, Indonesia pernah menggelar balapan MotoGP.

Berikut ini Sportstars.id akan berikan ulasan lengkap mengenai sejarah MotoGP di Indonesia;

Latihan Bebas 1 MotoGP Mandalika

Sejarah MotoGP di Indonesia 

MotoGP di Indonesia pertama kali digelar di Sentul International Circuit tepatnya pada tanggal 26 hingga 28 September 1997. Adapun balapan tersebut bertajuk Marlboro Indonesia Grand Prix 1997. 

Kala itu balapan motor bergengsi di dunia ini masih bernama Grand Prix 500cc dan menggunakan mesin 2 tak. Selain mempertandingkan kelas 500cc, MotoGP juga mempertandingkan kelas 250cc dan 125cc.  

Legenda MotoGP asal Italia, Valentino Rossi, menjadi juara di kelas 125cc. Kala itu dirinya tergabung ke dalam tim Nastro Azzuro Aprilia. Valentino Rossi pun juga berhasil menyabet juara di kelas 125cc ketika dirinya masih berusia 18 tahun. 

Selain itu, posisi kedua ditempati oleh rider asal Jepang, Kazuto Sakata. Valentino Rossi ungul dengan catatan waktu 41 menit, 14,511 detik. Catatan waktu tersebut unggul 3,028 detik. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1612 seconds [12]