Tim Nasional | Detail

Sejarah Lahirnya Julukan Macan Asia untuk Timnas Indonesia

Saliki Dwi Saputra
Rabu, 12 Januari 2022, 06:05 WIB
Sejarah Lahirnya Julukan Macan Asia untuk Timnas Indonesia
Timnas Indonesia di Olimpiade 1956 (Foto: Istimewa)

JULUKAN Macan Asia tentu tidak asing lagi bagi Indonesia. Negara kepulauan terbesar di dunia ini pun menjadi salah satu negara yang pernah memiliki tajinya di pentas olehraga sepak bola.

Julukan Macan Asia pun pernah disematkan bagi Timnas Indonesia hampir setengah abad yang lalu. Tidak ada rujukan pasti kapan atau siapa yang memulai julukan tersebut, namun dilansir dari berbagai sumber, julukan Macan Asia bagi Timnas Indonesia muncul pada tahun 1954.

Saat itu Indonesia tampil di ajang Asian Games 1954 di Manila, Filipina. Menariknya pada masa itu Asian Games sudah menjadi ajang paling bergengsi di Benua Kuning.

Kiprah Indonesia cukup mengkilat kala itu. Tim yang diarsiteki oleh Antun Pogacnik itu mampu tampil ganas dengan komposisi pemain muda.

Tergabung dalam Grup C, secara mengejutkan Tim Garuda mampu mengalahkan dua negara unggulan yakni India dan Jepang. Bahkan saat itu India menyandang status juara bertahan.

Pada laga pertama Indonesia menang 5-3 atas Jepang pada 1 Mei 1954 di Rizal Memorial Stadium, Manila. Kala itu lima gol Indonesia dicetak oleh Ramang, dan dua gol dari Dhalhar dan Tee San Liong.

Di laga selanjutnya, Indonesia melumat India dengan skor telak 4-0. Dhalhar dan Ramang masing-masing kembali mencetak dua gol di laga tersebut.

Sayang di laga semifinal Indonesia kalah dari Republik China dengan skor 2-4. Pada perebutan medali perunggu Tim Garuda juga harus kalah tipis 4-5 dari Burma.

Meski gagal, Indonesia sudah diperhitungkan oleh banyak negara lain sehingga mulai sering disebut dengan julukan Macan Asia. Namun kiprah menarik itu masih berlanjut beberapa tahun kemudian.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1201 seconds [13]