Tim Nasional | Detail

Sejarah Keikutsertaan Timnas Indonesia di Piala Asia, Tak Pernah Lolos Fase Grup

Tim Litbang
Selasa, 21 Juni 2022, 19:30 WIB
Sejarah Keikutsertaan Timnas Indonesia di Piala Asia, Tak Pernah Lolos Fase Grup
Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 (Foto: Instagram/asnawi_bhr)

TIMNAS Indonesia berhasil masuk sebagai satu dari 24 peserta dalam ajang Piala Asia 2023 mendatang. Dengan keikutsertaan ini, terhitung Timnas Indonesia sudah kali kelima Timnas Indonesia berlaga di ajang bergengsi benua Asia Tersebut.

Sejarah Timnas Indonesia di Piala Asia memang dapat dibilang cukup berliku. Namun, hal tersebut mampu dilalui hingga mengantarkan Timnas Indonesia berhasil menjadi bagian dari turnamen empat tahunan tersebut.

Pertandingan ini juga merupakan kejuaraan kontinental tertua di dunia setelah Copa America. Laga ini dilaksanakan setiap  4 tahun sekali sejak 1956, namun Konfederasi Sepak Bola Asia mengubah siklus penyelenggaraan turnamen ini ke tahun yang lebih sepi.

Mengingat Kejuaraan Sepak Bola Eropa hingga Olimpiade Musim Panas kerap terlaksana bersamaan dengan Piala Asia. Tim nasional yang memenangkan turnamen Piala Asia akan mendapatkan titel juara Asia dan langsung lolos mengikuti Piala Konfederasi FIFA.

Kapan terakhir kali Indonesia lolos Piala Asia? Pertanyaan tersebut kerap menjadi hal yang diperbincangkan publik Tanah Air. Sebelum memastikan langkah ke Piala Asia 2023 nanti, Skuad Garuda terakhir kali berlaga di Piala Asia pada 2007 silam. 

Kala itu, Timnas Indonesia berstatus sebagai tuan rumah bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Timnas Indonesia sendiri sudah empat kali ambil bagian di Piala Asia yakni pada 1996, 2000, 2004, dan 2007. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1401 seconds [13]