logo
Ragam Lainnya | Detail

Sejarah Indonesia di ASEAN Para Games yang Perlu Diketahui

Intan Rachmasari
Senin, 01 Agustus 2022, 23:26 WIB
Sejarah Indonesia di ASEAN Para Games yang Perlu Diketahui
Nur Ferry Pradana atlet Para Atletik (Foto: Basudiwa Supraja/Sportstars)

JAKARTA - Sejarah Indonesia di ASEAN Para Games menjadi informasi yang menarik untuk dibahas. Mengingat saat ini Indonesia kembali menjadi tuan rumah dengan Solo sebagai lokasi acara.

ASEAN Para Games adalah pesta olahraga yang dilaksanakan untuk para atlet penyandang disabilitas. Sebanyak 11 negara dengan lebih dari seribu atlet bakal ambil bagian pada ASEAN Para Games 2022. Indonesia merupakan salah satu anggota pendiri ASEAN Para Games yang berlangsung mulai 2001

Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id akan merangkum sejarah Indonesia di ASEAN Para Games. Berikut informasinya;

Atlet Para Atletik Indonesia, Karisma Evi (Foto: Basudiwa Supraja/Sportstars.id)

Sejarah Indonesia di ASEAN Para Games 

ASEAN Para Games atau biasa disebut dengan APG pertama kali diadakan pada tahun 2001 di Kuala Lumpur, Malaysia. Pada tahun tersebut Malaysia berhasil meraih kesuksesan sebagai juara pertama sebagai tuan rumah.

Pada tanggal 28 April 2001, sepuluh negara ASEAN - Brunei, Myanmar, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam - sepakat untuk membentuk Federasi Olahraga Paralimpik ASEAN (APSF).

Sejak tahun 2001 ada tiga negara yang berhasil menjadi negara terkuat dalam ajang ASEAN Para Games. Negara tersebut adalah Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Thailand menjadi kontingen terkuat sepanjang ajang ini yang disusul oleh Indonesia dan Malaysia.

Indonesia pernah meraih gelar juara umum ajang ASEAN Para Games sebanyak dua kali. Momen juara umum pertama diraih pada tahun 2014 pada saat berlangsung di Myanmar. Selanjutnya diraih pada tahun 2017 di Malaysia.

Pada gelaran ajang ASEAN Para Games 2014 Indonesia berhasil mengoleksi medali terbanyak adalah 99 emas, 69 perak, dan 49 perunggu. Pada 2017, tim merah putih meraih 126 emas, 75 perak, dan 50 perunggu.

Demikian informasi sejarah Indonesia di ASEAN Para Games yang perlu diketahui. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1654 seconds [12]