logo
Balap Lainnya | Detail

Sejarah dan Penemu Mobil Pertama di Dunia: Semua Berawal dari Mesin Uap

Wikku D. Nugroho
Selasa, 03 Januari 2023, 19:14 WIB
Sejarah dan Penemu Mobil Pertama di Dunia: Semua Berawal dari Mesin Uap
Mobil pertama di dunia sangat sederhana dan kini sudah mencapai bentuk yang sangat jauh berbeda (Foto: Dyler).

JAKARTA - Sejarah dan penemu mobil pertama di dunia menarik untuk diulas kali ini. Di zaman modern sekarang ini, kendaraan sudah menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang di seluruh dunia. Khususnya kendaraan roda empat atau mobil. 

Kendaraan roda empat terbukti sangat membantu manusia untuk mobilisasi dari tempat satu ke berbagai tempat lainnya. Sangat lumrah jika banyak orang lebih memilih untuk menggunakan mobil sebagai kendaraan utama. Baik bepergian dalam maupun luar kota. 

Hingga kini, sudah banyak perusahaan otomotif baik dari Asia dan Eropa yang mengembangkan berbagai model mobil. Beberapa model terkini adalah jenis SUV (Sport Utility Vehicle) ataupun MPV (Multi Purpose Vehicle).

Namun sulit dibayangkan, bila kendaraan di zaman lampau sangat jauh berbeda dari yang dikembangkan saat ini. Berikut ini Sportstars.id akan berikan ulasan lengkap mengenai sejarah dan penemu mobil pertama di dunia

Museum Mobil Nasional Malaysia (Foto: Bagas Abdiel/MPI)

Sejarah dan Penemu Mobil Pertama di Dunia

Ilmuwan asal Prancis, Nicolas J. Cugnot menjadi pionir penemuan mobil pertama pada tahun 1769. Di zaman itu, teknologi mesin jauh dari kecanggihan seperti sekarang ini.

Dirinya memanfaatkan tenaga uap sebagai penggerak kendaraan roda tiga yang berbadan cukup besar. Pada awalnya, mobil ciptaan Nicolas J. Cugnot itu digunakan hanya untuk memenuhi kebutuhan militer.

Kegunaannya seperti untuk mengangkat meriam dan sebagainya. Melihat potensi sebesar itu, James Watt dan William Murdock terinspirasi untuk menciptakan mobil bertenaga uap yang lebih baik pada tahun 1784. 

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1845 seconds [13]