logo
Bola Lainnya | Detail

Sejarah! BTS Jadi Tim Indonesia Pertama di Final AFF Futsal Club Championship

Basudiwa Supraja
Sabtu, 10 September 2022, 08:03 WIB
Sejarah! BTS Jadi Tim Indonesia Pertama di Final AFF Futsal Club Championship
Bintang Timur Surabaya menang telak atas Perwira FC dengan skor 19-0 (Foto: Instagram/@bintangtimur_surabaya)

NAKHON RATCHASIMA - Bintang Timur Surabaya (BTS) berhasil mencatatkan sejarah baru untuk tim Indonesia di AFF Futsal Club Championship. Tim asuhan Hector Souto itu menjadi klub Indonesia pertama yang berhasil menembus final ajang tersebut.

Sebagaimana diketahui, Ardiansyah Runtboy dkk sukses melangkah hingga partai puncak AFF Futsal Club Championship 2022. Mereka akan berhadapan melawan wakil Thailand, Hongyen Thakam, hari ini, Sabtu (10/9/2022) di Terminal 21 Karot, Nakhon Ratchasima, Thailand.

Adapun kehadiran BTS di AFF Futsal Club Championship 2022 ini menggantikan posisi runner-up Liga Futsal Profesional musim lalu, SKN FC Kebumen, yang diketahui telah bubar saat ini. Adapun Blacksteel Manokwari sebagai juara musim lalu justru batal mentas seiring dengan urung digelarnya AFC Futsal Cup 2022.

Pencapaian BTS hingga babak final ini adalah kali pertama yang pernah diraih oleh wakil Indonesia. Sebelumnya Blacksteel Manokwari, Permata Indah Manokwari, dan SKN Kebumen hanya mampu mencapai babak semifinal di edisi 2016 hingga 2018.

Mereka finis di posisi keempat dalam tiga edisi beruntun tersebut. Tidak ada wakil Indonesia di AFF Futsal Club Championship dua edisi berikutnya yang menembus babak semifinal.

Jadi sejak AFF Futsal Championship digelar pada 2015, prestasi terbaik tim Indonesia hanya mencapai semifinal saja. Sebelum akhirnya Bintang Timur Surabaya mengukir sejarah dengan bertahan hingga final.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1743 seconds [12]