logo
Ragam Lainnya | Detail

Sejarah Berdirinya BWF serta Tujuan dan Fungsinya

Tim Sportstars
Senin, 19 Desember 2022, 16:37 WIB
Sejarah Berdirinya BWF serta Tujuan dan Fungsinya
Logo BWF

JAKARTA - Sejarah berdirinya BWF serta tujuan dan fungsinya belum banyak diketahui orang. BWF atau Badminton World Federation merupakan wadah olahraga yang diakui oleh Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee/IOC) dan Komite Paralimpik Internasional (International Paralympic Committee).

BWF merupakan induk organisasi bulu tangkis dunia. Menurut buku Shuttlecock/Kock Menari Indah di Udara, bulu tangkis (sering disingkat bultang) atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan. 

Sejarah Berdirinya BWF serta Tujuan dan Fungsinya

Merangkum dari buku Shuttlecock/Kock Menari Indah di Udara, dalam perkembangannya, sejarah bulu tangkis berkembang di Mesir kuno sekitar 2000 tahun yang lalu. Permainan jianzi, yang melibatkan penggunaan shuttlecock tetapi tanpa raket. 

Sebaliknya, objek dimanipulasi dengan kaki. Tujuan dari permainan ini adalah untuk menjauhkan buah dari tanah selama mungkin tanpa menggunakan tangan. Di Inggris, saat Abad Pertengahan, permainan anak-anak bernama Battledores dan Shuttlecock sangat populer.

Logo BWF

Pada masa ini sering menggunakan dayung/tongkat (Battledores) dan bermanuver bersama untuk menjaga agar kok tetap di udara dan tidak menyentuh tanah.Dalam sejarah bulu tangkis, Inggris memperkenalkan permainan ini ke Jepang, Republik Rakyat Tiongkok dan Thailand waktu menginvasi Asia. Dengan cepat menjadi permainan anak-anak di daerah mereka.

Olahraga kompetitif bulu tangkis diciptakan perwira militer Inggris di Pune, India pada abad ke-19 ketika mereka menambahkan jaring dan bertanding. Prajurit membawa permainan ini kembali ke Inggris pada tahun 1850. 

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1769 seconds [12]