logo
Hobi | Detail

Segini Biaya Pajak Motor Listrik, Kelewat Murah!

Tim Sportstars
Selasa, 20 September 2022, 16:11 WIB
Segini Biaya Pajak Motor Listrik, Kelewat Murah!
Biaya pajak motor listrik lebih murah ketimbang motor konvensional. (Foto: FT.com)

JAKARTA - Banyak pertanyaan, berapa sih biaya pajak motor listrik? Nah, Anda membaca artikel tepat yang akan membahas pertanyaan tersebut. 

Buat Anda yang berniat membeli motor listrik tak perlu khawatir membayar mahal pajaknya. Sebab, biaya pajak motor listrik sangat murah. 

Perhitungannya, biaya yang dikeluarkan motor listrik itu terbilang sangat ekonomis dan ramah di kantong. Dilansir dari berbagai sumber, motor listrik hanya membutuhkan sekitar Rp6-7 ribu saja untuk pengeluaran bensin yang berjarak 20-60 km. Bandingkan dengan motor konvensional yang biayanya lebih mahal, yaitu Rp12-24 ribu dengan jarak yang sama.

Tentu, hal ini berdampak pada murahnya biaya pajak dari sebuah motor listrik, terutama yang dijual di Indonesia. Contohnya, motor listrik model Evo yang diluncurkan oleh Polytron.

Biaya Pajak Motor Listrik

Menurut Kanit Regident Satlantas Polres Kudus Ipda Noor Alifi, biaya pajak per tahun motor listrik hanya sekitar Rp50 ribu, pajak kendaraan saja Rp15 ribu, biaya balik nama (BBN-KB I) Rp125 ribu, dan biaya pendaftaran awal (pajak lima tahun) hanya Rp335 ribu.

Selain itu, biaya perawatan motor listrik juga terbilang lebih murah. Sebab, tidak perlu ganti oli, ganti busi, dan berbagai macam perawatan lainnya. Servis rutin motor listrik pun hanya pemeriksaan mekanis saja, seperti penggantian filter udara, kondisi baterai, atau penggantian cairan rem depan. (Antika Fahira)

Editor : Abdul Haris

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1625 seconds [13]