logo
Tim Nasional | Detail

Satoshi Saito, Eks Barcelona yang Menjadi Dalang Kebangkitan Sepak Bola Kamboja

Coro Mountana
Selasa, 28 Juni 2022, 12:41 WIB
Satoshi Saito, Eks Barcelona yang Menjadi Dalang Kebangkitan Sepak Bola Kamboja
CEO CPL, Satoshi Saito (tengah) bersama Presiden Federasi Sepak Bola Kamboja, Sao Sokha (kiri) dan Duta Besar Jepang untuk Kamboja, Masahiro Mikami (kanan) (FOTO: Khmer Times).

KEBANGKITAN sepak bola Kamboja tampaknya sudah bisa kita rasakan dari keberhasilan Visakha FC menghajar Bali United di AFC Cup 2022. Kemenangan 5-2 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, kemarin, jelas bukanlah kebetulan semata.

Visakha FC merupakan produk dari sebuah era kebangkitan sepak bola Kamboja. Sebuah era yang diinisiasi oleh Satoshi Saito, selaku CEO dari Liga Utama Kamboja (CPL).

Satoshi Saito bukanlah orang sembarangan, ia tercatat pernah menjadi pejabat pemasaran internasional di Barcelona. Hal itu membuat Satoshi Saito memiliki pengalaman bekerja dengan Ronaldinho dan Lionel Messi, 2 legenda besar Barcelona.

Satoshi Saito bersama Lionel Messi (FOTO: Khmer Times)
Satoshi Saito bersama Lionel Messi (FOTO: Khmer Times)

Tak hanya itu, Satoshi Saito juga memiliki pengalaman di JFA (Federasi sepak bola Jepang), AFC sebagai Direktur Pemasaran dan FIFA sebagai konsultan pemasaran. Berbekal pengalamannya itu, Satoshi Saito pun menjadi dalang kebangkitan sepak bola Kamboja.

Kerja Nyata Satoshi Saito

Menurut laporan dari Khmer Times, Satoshi Saito menduduki jabatan sebagai CEO CPL sejak Oktober 2021. Saito saat itu melihat Kamboja sebenarnya memiliki potensi untuk menjadi salah satu kekuatan sepak bola di Asia Tenggara.

“Kamboja sudah memiliki fondasi yang baik tapi perlu usaha untuk mengembangkannya lagi. Kami perlu menang, mentalitas itu yang dibutuhkan sepak bola Kamboja,” kata Satoshi Saito seperti dikutip dari Khmer Times.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1708 seconds [12]