logo
Liga Indonesia | Detail

Satgas Transformasi Segera Laporkan Regulasi dan SOP Sepak Bola ke Presiden Jokowi, Sinyal Liga 1 Lanjut?

Rifqi Herjoko
Selasa, 15 November 2022, 06:04 WIB
Satgas Transformasi Segera Laporkan Regulasi dan SOP Sepak Bola ke Presiden Jokowi, Sinyal Liga 1 Lanjut?
Logo PSSI (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Kabar terbaru muncul dari Satuan tugas (Satgas) Transformasi Sepak Bola Indonesia. Mereka telah merumuskan laporan awal terkait finalisasi regulasi dan Standard Operating Procedure (SOP). Rencananya, laporan tersebut akan segera disampaikan ke Presiden RI, Joko Widodo.

Sebagai informasi, Satgas tersebut dipimpin oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dan diisi oleh sejumlah Kementerian/Lembaga terkait. Satgas tersebut dibentuk sebagai respons terhadap tragedi kemanusiaan yang terjadi di Kanjuruhan.

Satgas tersebut menggelar pertemuan perdana pada 21 Oktober lalu. Setelahnya, mereka terus bekerja dan melakukan sinkronisasi di berbagai aspek. Kini, mereka akan segera memberikan laporan awal berisi rencana aksi yang sudah dan akan dilakukan oleh Kementerian/Lembaga yang terlibat dalam satgas.

Satuan Tugas (Satgas) Transformasi Sepak Bola Indonesia menggelar rapat perdana pada Jumat (21/10/2022) (PSSI)

Dilansir dari PSSI, Selasa (15/11/2022), laporan awal tersebut juga akan memuat beberapa poin penting terkait kelanjutan kajian infrastruktur stadion yang terus dilakukan oleh KemenPUPR. Selain itu, terdapat penerbitan Peraturan Kepolisian RI terkait pengamanan, mulai dari prakegiatan pengamanan hingga setelah kegiatan.

Laporan awal tersebut juga memuat penyiapan draft kesiapsiagaan pelayanan medis darurat atau emergency medical plan. Dua hal terakhir penting untuk dirumuskan oleh pemangku kepentingan terkait agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

Pasalnya, tragedi di Stadion Kanjuruhan yang menelan 135 korban jiwa itu tidak terlepas dari aksi represif aparat kepolisian yang menembakkan gas air mata. Selain itu, alur penanganan medis darurat di stadion selama ini juga belum jelas. Laporan ini diharapkan dapat membenahi hal-hal tersebut.

Laporan awal ini dapat menjadi sinyal Liga 1 akan lanjut. Presiden Jokowi sempat memerintahkan evaluasi total penyelenggaraan sepak bola di Tanah Air sebelum kompetisi dapat berjalan kembali. Kita tentu berharap Liga 1 dapat kembali digelar dengan aman dalam waktu dekat.

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1866 seconds [12]