Ragam Lainnya | Detail

Sanksi WADA Segera Dicabut, Merah Putih Bisa Berkibar Lagi Awal Februari

Basudiwa Supraja
Senin, 17 Januari 2022, 13:53 WIB
Sanksi WADA Segera Dicabut, Merah Putih Bisa Berkibar Lagi Awal Februari
Ketua Umum NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari (Foto: laman resmi NOC)

JAKARTA - Sanksi Badan Anti-Doping Dunia (WADA) terhadap Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) telah berangsur membaik. Hal ini terbukti dari keputusan WADA yang telah resmi menyatakan akan mencabut sanksi tersebut pada awal Februari. Artinya, bendera Merah Putih akan segera berkibar lagi di ajang internasional. 

Kabar tersebut disampaikan oleh Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC) Raja Sapta Oktohari, pada Senin (17/1/2022). Dia menyatakan bahwa telah menerima pesan singkat dari Direktur Eksekutif WADA, Olivier Nigri, dan surat yang dilayangkan WADA pada Jumat (14/1/2022).

“Kami langsung dapat informasi dari surat resmi yang dikirim WADA pada Jumat (14/1/2022), tentang isu terhadap Indonesia sepertinya sangat positif dan mereka berikan apresiasi. Mereka menyatakan Februari sanksi ini akan dicabut,” ungkap Okto kepada awak Media pada Senin (17/1/2022).

Dalam hal itu dia juga menegaskan bahwa surat tersebut telah ditandatangani langsung oleh Olivier dan Chief Compliance Manager (CCM) WADA, Emiliano Simonelli. Itu merupakan bentuk dari apresiasi WADA kepada langkah Indonesia yang dianggap mematuhi aturan.

Okto juga mengatakan langkah mereka selanjutnya adalah untuk melakukan investigasi. Hal ini merupakan tugas yang diemban oleh Okto selaku ketua Gugus Tugas Percepatan dan Investigasi Sanksi WADA yang dibentuk pemerintah.

“Sesuai dengan pesan singkat yang saya terima dari Olivier Nigri, Dirut WADA. Surat WADA itu juga telah ditandatangani oleh Olivier dan Emiliano Simoneli selaku Kepala Compliance WADA. Setelah ini proses Investigasi akan segera dimulai,” sambut Okto.

Perlu diketahui bahwa Indonesia telah mendapatkan sanksi WADA sejak Oktober 2021 lalu. Indonesia pun dijatuhi hukuman tidak boleh mengibarkan bendera merah putih dan dilarang menjadi tuan rumah selama satu tahun.

Akibat dicabutnya sanksi tersebut, artinya Indonesia kini telah kembali bisa melakukan pengibaran bendera dan menjadi tuan rumah. Apresiasi juga perlu diberikan kepada para awak gugus tugas yang telah menanggulangi hukuman tersebut dalam empat bulan.

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1404 seconds [13]