Balap Lainnya | Detail

Sambut Formula E Jakarta, Sirkuit Ancol Akan Diaspal Ulang Mulai Januari 2022

Fitradian Dhimas Kurniawan
Rabu, 22 Desember 2021, 16:50 WIB
Sambut Formula E Jakarta, Sirkuit Ancol Akan Diaspal Ulang Mulai Januari 2022
Balapan Formula E (Foto: FIA)

JAKARTA - Sirkuit Internasional Ancol telah resmi ditetapkan sebagai venue untuk menggelar Formula E Jakarta 2022. Akan tetapi, sebelum digunakan sirkuit tersebut harus terlebih dahulu dibenahi, termasuk diaspal ulang. Pengerjaan pun dijadwalkan mulai dilakukan pada Januari 2022 mendatang.

Rencananya, Formula E Jakarta 2022 bakal diadakan pada 4 Juni mendatang. Balapan ini nantinya akan menjadi seri kesembilan dari rangkaian Formula E 2021-2022, yang merupakan musim kedelapan.

Sirkuit Internasional Ancol ini sendiri memiliki total panjang 2,4 km, dengan lintasan lurus paling panjang berjarak 600 meter. Terdapat 18 tikungan di dalamnya dengan lebar sirkuit 12 meter.

Meski begitu kondisi Ancol untuk saat ini masih belum siap untuk menggelar Formula E (FE). Bahkan, baru 60 persen lintasan yang sudah diaspal. Itu pun seluruhnya bakal diaspal ulang, sehingga memenuhi syarat FE.

Ketua Organizing Committee Formula E Jakarta 2022, Ahmad Sahroni mengakui jika pengerjaan aspal bakal dimulai pada Januari 2022. Dia berharap lintasan bisa selesai dalam waktu singkat

“Pengerjaan akan dimulai pada Januari. Perkiraan selesai dalam tiga bulan, maksimal awal April,” kata Sahroni saat konferensi pers di Ancol, Rabu (22/12/2022).

Sahroni menilai pembangunan tribun pendukung sirkuit baru akan dikerjakan satu bulan sebelum balapan dimulai. Pasalnya, tribunnya bersifat modular dan bisa dibongkar pasang.

“Track E-Prix adalah track jalan raya, jadi spesifikasinya mirip jalan raya. Pengerjaan track akan dapat dilakukan dengan cepat. Selanjutnya untuk paddock, stage dan grandstand sifatnya semi permanen sehingga hanya perlu satu bulan saja untuk bongkar pasang,” ujarnya.

Editor : Hendry Kurniawan

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1263 seconds [13]