logo
Balap Lainnya | Detail

Sam Sunderland Raih Gelar Kedua Dakar 2022 Kategori Motor

Fitradian Dhimas Kurniawan
Jum'at, 14 Januari 2022, 19:10 WIB
Sam Sunderland Raih Gelar Kedua Dakar 2022 Kategori Motor
Pembalap tim GASGAS Factory Sam Sunderland (Foto: Twitter RBContentPool)

JEDDAH - Pembalap tim GASGAS Factory Sam Sunderland berhasil memenangkan Reli Dakar 2022 kategori motor. Ini menjadi titel kedua pembalap asal Inggris tersebut di ajang balap paling berbahaya di dunia tersebut. Pada etape ke-12 atau pemungkas, Sunderland sebenarnya hanya menempati posisi ke-8. Dia menyelesaikan rute dari Bisha ke Jeddah dalam waktu 1 jam 43 menit 25 detik.

Meski begitu, hasil tersebut sudah cukup bagi Sunderland untuk memenangkan Dakar 2022. Dia mencatatkan total waktu 38 jam  47 menit 30 detik, selama 12 hari kompetisi.

Dengan begitu, Sunderland sukses mengamankan titel Dakar keduanya. Sebelumnya, dia juga berhasil menjadi juara ketika masih membela Red Bull KTM Factory pada 2017 lalu.

Sam Sunderland

Sesuatu yang mengejutkan lantaran pembalap berusia 35 tahun itu mengaku sedikit kesulitan pada edisi tahun ini. Apalagi dia sempat tersesat di etape terakhir. Namun, Sunderland berhasil menang, dengan satu kali memenangkan etape dan 2 posisi runner-up.

“Saya tidak bisa lebih senang lagi. Saya berterima kasih kepada tim dan kerja keras dari semua. Sejujurnya, etape terakhir ini sangat sulit dan terjadi kesalahan navigasi,” kata Sunderland di laman resmi Dakar, Jumat (14/1/2022).

Posisi kedua dipegang oleh rider Monster Energy Honda, Pablo Quintanilla. Pembalap asal Chile itu sebenarnya memenangkan etape ke-12. Namun, jaraknya dengan Sunderland di klasemen umum mencapai 3 menit 27 detik.

Sementara pemenang Dakar 2018, Matthias Walkner mengakhiri balap di peringkat ketiga. Pembalap Red Bull KTM itu hanya berjarak 6 menit 47 detik dari Sunderland.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1705 seconds [12]