F1 | Detail

Sainz Jr Finis Kedua di Kanada, Bos Ferrari Puji Reaksi Cepat Timnya

Wikanto Arungbudoyo
Senin, 20 Juni 2022, 18:48 WIB
Sainz Jr Finis Kedua di Kanada, Bos Ferrari Puji Reaksi Cepat Timnya
Carlos Sainz Jr (Scuderia Ferrari) mengangkat trofi runner-up F1 GP Kanada 2022 (Foto: Reuters/Chris Helgren)

MONTREAL - Carlos Sainz Jr harus puas finis kedua pada balapan F1 GP Kanada 2022, Senin (20/6/2022) dini hari WIB. Namun, strategi pitstop Scuderia Ferrari pada putaran ke-49 dari 70, patut mendapat kredit tersendiri. Pasalnya, strategi itu dieksekusi tepat pada detik-detik terakhir. 

Sekadar informasi, Max Verstappen yang tengah memimpin lomba, masuk pit kedua kalinya pada putaran ke-43 untuk ganti ban. Sementara itu, Sainz Jr tetap melaju di trek hingga akhirnya memimpin lomba di Sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal, itu. 

Tepat ketika Verstappen memangkas jarak menjadi 8 detik, terjadi situasi safety car. Beruntung, Sainz berada dekat dengan pintu masuk pit lane. Tim langsung memanggilnya untuk ganti ban, dengan memanfaatkan situasi mobil pengaman, sehingga tidak banyak waktu terbuang. 

Kru pit Scuderia Ferrari mengganti ban di mobil milik Carlos Sainz Jr pada F1 GP Kanada 2022 (Foto: Twitter/@ScuderiaFerrari)
Kru pit Scuderia Ferrari mengganti ban di mobil milik Carlos Sainz Jr pada F1 GP Kanada 2022 (Foto: Twitter/@ScuderiaFerrari)

Prinsipal Tim Scuderia Ferrari, Mattia Binotto, angkat suara mengenai strategi yang dieksekusi dalam hitungan sepersekian detik. Menurutnya, strategi itu bekerja dengan baik sekalipun Sainz Jr gagal meraih kemenangan pada seri ke-10 F1 2022 itu. 

“Menurut saya, keputusan melepas safety car terlalu lama dan Carlos sedang memimpin balapan. (Beruntung), safety car terjadi ketika Carlos berada di lintasan lurus menjelang tikungan terakhir,” papar Binotto, dilansir dari Motorsport, Senin (20/6/2022). 

“Reaksi tim sangat bagus dan sang pembalap langsung masuk pit (untuk ganti ban). Sepertinya, kami hanya punya waktu 1 detik untuk bereaksi, dan kami bereaksi dalam jangka waktu singkat itu,” tukas pria asal Italia tersebut. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1368 seconds [12]