Liga Italia | Detail

Roberto Mancini Siap Kembalikan Harga Diri Italia

Muammar Yahya Herdana
Jum'at, 11 Juni 2021, 09:37 WIB
Roberto Mancini Siap Kembalikan Harga Diri Italia
Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini. (Foto: Reuters)

ROMA – Italia akan kembali ke turnamen besar di Piala Eropa 2020 melawan Tukri, Sabtu (12/6/2021) dini hari. Sebelumnya, mereka harus menahan rasa malu setelah gagal lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Kembali dalam beberapa tahun ke belakang Gil Azzuri harus mendapatkan kritikan tajam dari para penggemarnya di bawah asuhan Gian Piero Ventura. Kini arsitek baru, Roberto Mancini bertekad untuk mengembalikan harga diri Italia di mata dunia belajar dari pengalamannya sebagai mantan pemain sepak bola profesional.

Sejak Oktober 2018, Italia masih menjadi tim yang tak terkalahkan di pertandingan Internasional dengan mencatatkan 27 pertandingan. Dengan modal tersebut, Mancini menjadi harapan untuk mengembalikan masa kejayaan Gli Azzurri setelah redup di Piala Dunia 2018.

Bahkan di tahun 2020, Italia mencatatkan pencapaian yang sangat baik. Tim asuhan Mancini mampu lima kali menang dari lima pertandingan dengan mencetak 17 gol tanpa pernah kebobolan.

Hingga saat ini, Italia mampu mencapai enam final di Piala Dunia dan berhasil keluar sebagai juara sebanyak empat kali. Namun di turnamen Piala Eropa, mereka hanya mampu memperoleh kemenangan satu kali pada 1968.

Seluruh penggemar Italia sudah haus untuk melihat tim kesayangannya meraih kemenangan di turnamen tersebut. Ini merupakan momentum yang tepat bagi Mancini untuk meraih gelar tersebut semenjak lebih dari 50 tahun yang lalu.

Di atas kertas, Negeri Pizza kini lebih bermain agresif dalam menyerang. Sang juru taktik mengandalkan formasi 4-3-3 yang menghasilkan variasi di lini tengah dan mendukung tiga penyerang di depan untuk mengeksekusi umpan.

Pada lini pertahanan, sang arsitek masih mengandalkan dua pemain veteran, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini yang memiliki jam terbang tinggi. Keberadaan mereka akan membantu lini tengah  untuk lebih fokus membantu lini serang.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2482 seconds [13]