Tim Nasional | Detail

Ritual Kim Pan-gon Jelang Laga Timnas Malaysia, Putar Video Motivasi

Basudiwa Supraja
Rabu, 22 Juni 2022, 15:45 WIB
Ritual Kim Pan-gon Jelang Laga Timnas Malaysia, Putar Video Motivasi
Pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon, memimpin latihan di Kelana Jaya (Foto: Twitter/@FAM_Malaysia)

KUALA LUMPUR - Pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon, ternyata mimiliki ritual unik sebelum Timnas Malaysia bertanding. Ternyata dirinya selalu menayangkan sebuah video motivasi lengkap dengan iringan musik yang menyentuh

Pelatih asal Korea Selatan ini menjelaskan hal tersebut untuk membangkitkan semangat para pemain. Hal itu dikabarkan oleh asisten manajer Timnas Malaysia, Datuk Kamarul Ariffin.

Video singkat yang umumnya berdurasi kurang lebih tiga menit itu disebut berhasil membuat para pemain termotivasi di lapangan. Mungkin hal ini juga yang membuat Timnas Malaysia bisa lolos ke Piala Asia 2023.

"Suasana di ruang ganti adalah saat yang paling saya sukai. Pukul 8.49 sebelum kita memasuki terowongan, dia (Kim Pan-gon) akan memutar video. Sebuah video dalam tiga setengah menit, video yang jika kita lihat benar-benar menyentuh,” ulas Kamarul, dikutip dari Makan Bola, Rabu (22/6/2022).

Menurutnya, hal itu merupakan langkah yang tepat dilakukan Kim Pan-gon kepada para pemain Timnas Malaysia. Pasalnya, Kim Pan-gon memiliki keterbatasan komunikasi dengan para penggawa Harimau Malaya karena perbedaan bahasa.

Hal itu dinilai jauh lebih efektif ketimbang berbicara dengan penerjemah. Kim Pan-gon cukup menambahkan sejumlah kalimat sederhana untuk meledakkan semangat para pemain usai menyaksikan tayangan video miliknya.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1438 seconds [12]