logo
Tim Nasional | Detail

Resmi Kembali Latih Timnas Belanda, Ronald Koeman Langsung Fokus ke Kualifikasi Piala Eropa

Rio Eristiawan
Rabu, 25 Januari 2023, 00:01 WIB
Resmi Kembali Latih Timnas Belanda, Ronald Koeman Langsung Fokus ke Kualifikasi Piala Eropa
Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman (Reuters)

AMSTERDAM - Federasi Sepak bola Belanda (KNVB) resmi memperkenalkan kembali Ronald Koeman sebagai pelatih. Koeman pun langsung fokus ke Kualifikasi Piala Eropa 2024.

Seperti diketahui, Timnas Belanda mendapat hasil mengecewakan di Piala Dunia 2022 Qatar lalu. De Oranje -julukan Timnas Belanda- harus terhenti di babak perempat final, setelah kalah 3-4 dari Argentina melalui adu penalti usai bermain imbang 2-2 selama 120 menit.

Usai tersingkir dari Piala Dunia 2022, Louis Van Gaal resmi meninggalkan kursi kepelatihan Timnas Belanda. Pelatih berusia 71 tahun itu memang sudah merencanakan bakal meninggalkan Timnas Belanda usai ajang empat tahunan tersebut.

KNVB pun menunjukkan kembali mempercayakan Koenam sebagai pelatih Timnas Belanda. Ia pernah melatih Timnas Belanda pada 2020 hingga 2021, sebelum memutuskan menangani Barcelona.

Sementara Koeman mengungkapkan alasan untuk kembali melatih Timnas Belanda. Ia mengatakan ingin menunjukkan kepada semua orang untuk bisa menjadi pelatih sukses harus bisa memenangkan gelar bergengsi.

"Saya harus menunjukkan, saya bisa menjadi pelatih sukses yang bisa menjadi juara di turnamen besar," kata Koeman dilansir dari Marca, Selasa (24/1/2023).

Koeman pun bakal memiliki tugas pertama bersama Timnas Belanda dalam waktu dekat. Ia pun mengaku fokusnya saat ini adalah membawa negaranya lolos dari babak kualifikasi Piala Eropa 2024.

"Langkah pertama adalah kualifikasi Kejuaraan Eropa yang dimulai pada bulan Maret," ucapnya.

Timnas Belanda tergabung di Grup B bersama Prancis, Gibraltar, Yunani dan Irlandia. Sementara pertandingan perdana Timnas Belanda akan menghadapi Prancis di Stade de France, 25 Maret 2023 mendatang.

Editor : Furqon Al Fauzi

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2372 seconds [13]