logo
MotoGP | Detail

Resmi Gaet Ken Kawauchi, Alberto Puig Akui Honda Diuntungkan dari Cabutnya Suzuki

Andika Rachmansyah
Sabtu, 21 Januari 2023, 18:02 WIB
Resmi Gaet Ken Kawauchi, Alberto Puig Akui Honda Diuntungkan dari Cabutnya Suzuki
Ken Kawauchi resmi bergabung dengan Honda Racing Corporation (HRC) untuk MotoGP 2023 (Foto: MotoGP)

MADRID - Honda Racing Corporation (HRC) berhasil mendatangkan Ken Kawauchi dari Suzuki Racing. Pria asal Jepang itu akan ditugaskan sebagai Manajer Teknis HRC pada MotoGP 2023, menggantikan peran Takeo Yokoyama.

Kabar bergabungnya Kawauchi ke HRC sudah mengemuka sejak beberapa pekan terakhir. Namun, Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, baru mengonfirmasi kabar tersebut pada Jumat (20/1/2023), sekaligus mengumumkan perombakan di tubuh HRC.

"HRC telah mengontrak Ken Kawauchi sebagai manajer teknis. (Kami) mengambil keuntungan dari mundurnya Suzuki dari MotoGP," ujar Puig, dikutip dari laman resmi MotoGP, Sabtu (21/1/2023).

"Ken akan menggantikan Takeo Yokoyama, yang, pada gilirannya, akan bertanggung jawab untuk melatih para insinyur muda yang kami miliki di Jepang, sehingga ketika saatnya tiba, mereka akan siap untuk Eropa, baik secara teknis maupun pribadi," imbuh pria asal Spanyol itu.

Pertukaran personel di antara para pabrikan Jepang sebetulnya jarang terjadi. Namun, Puig yakin keputusan mengejutkan Suzuki untuk hengkang dari MotoGP, memainkan peran penting dalam keputusan Kawauchi.

"Ada kebutuhan untuk memiliki seseorang di Jepang yang berperan mengawasi staf teknis Honda di sana, yang punya potensi besar, tetapi minim pengalaman," papar Puig.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.1885 seconds [13]