logo
Liga Indonesia | Detail

Rekor Penonton Sepakbola Terbanyak Sepanjang Masa, Final Persib Bandung vs PSMS Medan Ada 150 Ribu Penonton

Wikku D. Nugroho
Rabu, 09 November 2022, 23:24 WIB
Rekor Penonton Sepakbola Terbanyak Sepanjang Masa, Final Persib Bandung vs PSMS Medan Ada 150 Ribu Penonton
Laga Final Liga Perserikatan 1986 antara Persib Bandung kontra PSMS Medan yang dihadiri 150 ribu penonton. (Foto: Istimewa).

JAKARTA- Rekor penonton sepakbola terbanyak sepanjang masa menarik untuk diulas kali ini. Sepak bola menjadi salah satu olahraga terpopuler di dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Pertandingan sepak bola yang digelar di stadion kerap mengundang perhatian orang banyak. Hal itu dibuktikan dengan kehadiran ratusan ribu penonton pada final Perserikatan antara PSMS Medan kontra Persib Bandung pada 1985.

Dikabarkan jika saat itu PSSI hanya mencetak 106 ribu lembar tiket. Namun banyak yang beranggapan jika laga tersebut disaksikan oleh 150 ribu penonton. Di sisi lain, kapasitas Stadion Utama Senayan kala itu hanya berkapasitas 120 ribu penonton.

Bahkan Guines Book of Record terpaksa harus mengubah jumlah penonton tersebut menjadi 150 ribu penonton dalam laga pertandingan sepak bola. 

Ponirin Meka (baju biru) saat masih memperkuat PSMS Medan di era perserikatan (Foto: Caping.co)

Rekor Penonton Sepakbola Terbanyak

Perlu diketahui, PSMS Medan dan Persib Bandung merupakan dua tim terkuat dalam Liga Perserikatan. Sebelumnya kedua tim pernah dua kali bertemu yakni pada 1966/1967 dan 1983. Di dua laga itu, Ayam Kinantan memperoleh kemenangan dengan skor 2-0 pada 1966 dan 3-2 pada 1983. 

Melubernya penonton pada laga itu, membuat panitia pelaksana hampir sempat dibatalkan. Beberapa orang menyebutkan jika ribuan penonton memaksa masuk stadion dengan cara menobrak pintu bagian barat stadion. 

Lalu, para pemain juga sempat kesulitan untuk melewati akses lantaran sudah tertutupi oleh ribuan penonton yang memadati bagian bawah stadion. 40 ribu penonton yang menonton dari pinggir lapangan juga dijaga ketat oleh para petugas keamanan. 

Pada laga tersebut, Persib Bandung harus bertekuk lutut dari PSMS Medan melalui babak adu penalti. Kedua tim bermain imbang 2-2 di waktu normal. Kiper PSMS Medan, Ponirin Meka, berhasil menggagalkan empat tendangan penalti dari Persib Bandung. 

Hanya satu orang yang berhasil menjebol gawang Ponirin Meka di babak penalti yakni Ajat Sudrajat. Sementara itu, dua gol penalti dari PSMS Medan diciptakan oleh Mamek Sudiono dan Muslimin. 

Kemenangan itu membuat PSMS Medan berhasil merengkuh juara Liga Perserikatan untuk ke-enam kalinya. 

Demikian ulasan mengenai rekor penonton sepakbola terbanyak sepanjang masa. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca setia Sportstars.id dimanapun berada.  

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1862 seconds [13]