Hobi | Detail

Rekomendasi Jenis Road Bike dengan Harga Terjangkau

Maruf
Senin, 07 Juni 2021, 17:18 WIB
Rekomendasi Jenis Road Bike dengan Harga Terjangkau
Pengendara sepeda road bike sedang melintas di jalan layang. (Foto-Foto: Faisal Rahman)

JAKARTA - Road bike atau sepeda balap sedang menjadi perbincangan di tengah program Pemprov DKI Jakarta memberi jalan khusus di luar jalur sepeda permanen yang sudah disiapkan. Road bike sedang naik daun karena menghadirkan merek dan harga yang bervariasi. Ada harga puluhan juta, tapi ada juga yang ramah di kantong.  

Pemprov telah menggelar uji coba dengan mengizinkan pengendari road bike menggunakan jalur kendaraan bermotor sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin mulai, Senin (7/6).  Pemerintahan DKI di bawah Gubernur Anies Baswedan itu mengizinkan sepeda road bike berada di sebelah kiri jalur kendaraan bermotor selama 1,5 jam mulai 05.00-06.30 WIB. 

Mereka meminta kendaraan bermotor tidak menggunakan lajur yang digunakan sebagai lintasan road bike. "Pada pelaksanaannya nanti, seluruh peserta uji coba kegiatan road bike diimbau berada pada lajur jalan sebelah kiri dengan tetap memperhatikan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas," kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada media.

Lebih lanjut, Syafrin menegaskan kepada seluruh peserta uji coba untuk menggunakan jalur sepeda terproteksi setelah lewat jam yang ditentukan. "Kami mengimbau kepada para pengguna jalan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan. Tetap patuhi rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan, dan utamakan keselamatan selama di jalan,” ujarnya.

Road bike sempat dijuluki sebagai kendaraan sultan karena memiliki banderol mahal mencapai puluhan juta. Sebut saja Orbea M30 Orca Aero Team D dengan banderol Rp 97,64 juta,  Specialized Tarmac SL6 Expert Disc (60 juta), Helios LT9X Ace (Rp 73 juta) atau Polygon Helios LT9 (62 juta). Tapi dengan tren sepeda yang sekarang terjadi, memunculkan berbagai merek dan jenis road bike yang memiliki harga terjangkau.   

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1383 seconds [12]