Tim Nasional | Detail

Rapor Timnas Indonesia di Bawah Asuhan Shin Tae-yong: Dominan Menang, Belum Juara

Rifqi Herjoko
Senin, 23 Mei 2022, 06:29 WIB
Rapor Timnas Indonesia di Bawah Asuhan Shin Tae-yong: Dominan Menang, Belum Juara
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (PSSI)

JAKARTA – Berikut rapor Timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih asal Korea Selatan (Korsel) Shin Tae-yong. Ternyata, Skuad Garuda masih dominan menang di bawah kepemimpinan pelatih kelas dunia tersebut.

Sebagai informasi, Shin Tae-yong ditunjuk PSSI untuk menukangi Timnas Indonesia pada Desember 2019. Shin Tae-yong diplot menggantikan posisi pelatih kepala yang ditinggalkan Simon McMenemy.

Penunjukkan Shin Tae-yong sebagai pelatih kepala bukanlah tanpa alasan. Pria berusia 51 tahun itu pernah memimpin Korea Selatan di Piala Dunia 2018. Menariknya, tim asuhannya sukses mengalahkan juara bertahan Jerman dengan skor meyakinkan 2-0 di babak grup.

Meski gagal lolos ke babak gugur, sentuhannya di tim tersebut sudah cukup menarik perhatian PSSI. Coach Shin Tae-yong pun dikontrak selama empat tahun hingga akhir Desember 2023 mendatang.

Adapun jabatan yang diemban sang pelatih terbilang berat. Coach Shin Tae-yong tidak hanya ditugaskan memimpin tim senior Indonesia, melainkan juga U-19 dan U-23. Hal itu perlu dilakukan demi mewujudkan target utama tampil sebaik-baiknya di Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Kini, dua tahun sudah Shin Tae-yong memimpin Timnas Indonesia di sejumlah turnamen. Rapor timnas Indonesia di bawah asuhannya sejauh ini pun bisa kita ketahui bersama. Usut punya usut, Skuad Garuda masih dominan menang secara hasil pertandingan bukan trofi.

Dilansir dari Transfermarkt, Shin Tae-yong telah memimpin Indonesia dalam 23 penampilan. Dari jumlah tersebut, Shin Tae-yong berhasil membawa tim meraih 12 kemenangan, tiga hasil imbang, dan delapan kali kalah.

Dengan demikian, catatan itu sejatinya tidak terlalu buruk. Meski begitu, tim asuhan Shin Tae-yong memang masih kesulitan jika berhadapan dengan Thailand atau Vietnam. Menarik untuk melihat apakah Coach Shin bisa membuat skuad Garuda menjadi lebih kuat dan mampu meraih prestasi di sisa kontraknya nanti.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1376 seconds [13]