logo
Tim Nasional | Detail

Rapor Penyerang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Siapa Paling Tajam?

Maulana Yusuf
Rabu, 18 Januari 2023, 13:01 WIB
Rapor Penyerang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Siapa Paling Tajam?
Penampilan Ilija Spasojevic bersama Timnas Indonesia masih jauh dari harapan (Foto: Sportstars.id/Muhammad Pratama)

JAKARTA - Berikut rapor penyerang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Diharapkan menjadi lumbung gol skuad Garuda, deretan penyerang ini rata-rata mendapat rapor jelek.

Sebagaimana diketahui, perjalanan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 terhenti di babak semifinal. Pasalnya, tim asuhan Shin Tae-yong itu kalah 0-2 secara agregat dari Timnas Vietnam.

Dengan kekalahan itu, Indonesia harus kembali mengubur mimpi meraih gelar juara Piala AFF untuk pertama kali. Di mana, sejak pertama kali digulirkan pada 1996, Tim Merah Putih harus puas menjadi runner-up enam kali.

Lantas, apakah kegagalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 ini ada kaitan dengan kurang produktifnya deretan penyerang? Sejauh ini, bisa dikatakan seperti itu.

Bagaimana tidak, dari total enam pertandingan yang dimainkan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, empat penyerang yakni Ilija Spasojevic, Dendy Sulistyawan, Muhammad Rafli, dan Ramadhan Sananta, hanya mampu mengemas empat gol. Lalu, seperti apa rapornya?

1. Ilija Spasojevic (Bali United)

Penampilan Ilija Spasojevic pada laga Timnas Indonesia vs Timnas Kamboja masih jauh dari harapan (Foto: Sportstars.id/Muhammad Pratama)
Ilija Spasojevic tak bisa diharapkan di Piala AFF 2022 (Foto: Sportstars.id/Muhammad Pratama)

Penyerang Bali United itu hanya mencetak satu gol dari lima pertandingan. Selain itu, Spaso juga mencatat satu assist, 0 kartu kuning, dan 0 kartu merah. Pemain naturalisasi itu gagal memenuhi ekspektasi.

Piala AFF 2022 itu seharusnya menjadi ajang pembuktian Spasojevic kepada Shin yang sempat tidak meliriknya. Namun, pemain berusia 35 tahun itu tak mampu membayar kepercayaan.

2. Dendy Sulistyawan (Bhayangkara FC)

Dendy Sulistyawan (Foto: Bhayangkara Solo FC)
Dendy Sulistyawan cukup mampu membayar kepercayaan (Foto: Bhayangkara FC)

Striker lokal asal klub Bhayangkara FC ini punya statistik lumayan. Deny tercatat tampil enam kali, dengan torehan dua gol, 0 assist, 0 kartu kuning, dan 0 kartu merah. Dia bahkan selalu diturunkan oleh Shin di Piala AFF.

Tentunya, dengan hanya mencetak dua gol, dirasa kurang membantu bagi Timnas Indonesia. Namun, pemain berusia 26 tahun itu adalah penyerang paling tajam dibandingkan yang lain.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1791 seconds [13]